Konsumsi 5 Makanan Ini untuk Membantu Menurunkan Kolesterol

Reporter: Helvana Yulian
Senin, 29 November 2021 | 12:47 WIB
Konsumsi 5 Makanan Ini untuk Membantu Menurunkan Kolesterol

ILUSTRASI. Konsumsi 5 Makanan Ini Untuk Membantu Menurunkan Kolesterol

MOMSMONEY.ID - Tubuh sebenarnya membutuhkan kolesterol untuk membantu pembentukan sel-sel sehat. Hanya saja, kadar kolesterol yang terlampau tinggi justru bisa menyebabkan pembentukan plak yang menyumbat pembuluh darah, dilansir dari CDC. 

Hal ini meningkatkan risiko terkena penyakit kronis, seperti stroke dan penyakit jantung. Tingginya kadar kolesterol dalam darah bisa dikendalikan dengan mengonsumsi berbagai makanan penurun kolesterol, sebagai berikut.

Baca Juga: Cara Menurunkan Kadar Ureum Tinggi dalam Tubuh

1. Kacang-kacangan

Sebuah penelitian Archives of Internal Medicine, membuktikan bahwa kandungan serat pada kacang-kacangan dapat menurunkan kadar kolesterol setelah rutin mengonsumsinya.

Kandungan kalsium, magnesium, dan kaliumnya juga dapat mengurangi tekanan darah dan menurunkan risiko penyakit jantung.

Mereka yang mengonsumsi buncis, kacang merah, kacang panjang, almond selama 6 minggu dengan pengolahan yang tepat sehingga memberikan efek baik.

2. Alpukat

Kandungan asam lemak tak jenuh tunggal dan beta-sistosterol atau sejenis lemak nabati pada alpukat bisa menjadi makanan menurunkan kolesterol, lho.

Melansir Journal of the American Heart Association, rutin mengonsumsi alpukat 1 kali sehari dapat membantu meningkatkan kadar kolesterol LDL pada seseorang yang kelebihan berat badan atau obesitas.

3. Apel

Bagi Moms yang sering mengupas apel ketika akan memakannya, coba hentikan kebiasaan itu. Melansir Harvard Health Publishing, kulit apel mengandung pektin atau sejenis serat larut yang dapat menurunkan kadar kolesterol jahat.

Serat larut ini akan menyerap kolesterol dan lemak jahat dari makanan yang akan dikeluarkan melalui urine atau feses.

Baca Juga: Jangan Sepelekan! Inilah Tanda-Tanda Gejala Depresi

4. Bayam

Makanan menurunkan kolesterol berikutnya adalah bayam. Kandungan vitamin, mineral, dan beragam serat dapat menjaga metabolisme kolesterol di lever dan semua sel dalam tubuh berjalan lancar.

Melansir European Journal of Clinical Nutrition, bayam juga memiliki berbagai senyawa yang bermanfaat bagi kesehatan, termasuk menurunkan risiko terkena penyakit jantung.

5. Wortel

Sayuran yang satu ini dikenal efektif meningkatkan kesehatan mata. Ternyata, kandungan vitamin A, B, C, dan flavonoid pada wortel juga bisa menurunkan kadar kolesterol, lho. 

Wortel juga mengandung serat (selulosa, hemiselulosa, lignin) yang bisa memperbaiki penyerapan kolesterol dari saluran cerna. Sehingga, kadar kolesterol jahat dalam darah bisa diturunkan.

Supaya kolesterol Anda tetap terkontrol, lakukan tes kolesterol secara berkala sesuai anjuran dokter. 

Selain itu, terapkanlah pola hidup sehat untuk menurunkan kadar kolesterol dan mempertahankannya dalam batas normal, agar Anda terhindar dari bahaya kolesterol tinggi.

Selanjutnya: Dari WHO, ini 8 hal yang perlu Anda ketahui tentang varian Omicron

Editor: Helvana Yulian
Terbaru