HOME, Santai

Jangan Lakukan 4 Kebiasaan Ini Jika Tak Ingin Rambut Rusak

Jangan Lakukan 4 Kebiasaan Ini Jika Tak Ingin Rambut Rusak

MOMSMONEY.ID - Tampilan rambut yang tidak rapih atau kusut bisa membuat penampilan dan percaya diri menurun. Apalagi jika rambut sedang dalam kondisi rusak dan susah diatur. 

Tanda tanda lain kerusakan rambut adalah munculnya rambut rontok karena patah. Rambut rontok karena patah bisa terjadi karena rambut berada dalam kondisi rusak.

Beberapa hal di bawah ini adalah hal-hal yang bisa membuat rambut semakin rusak jika dilakukan terus menerus.

Baca Juga: Ini Dia Mitos Mengenai Perawatan Rambut yang Masih Dipercaya

Mencuci rambut terlalu sering

Aktivitas mencusi rambut sebaiknya tidak dilakukan setiap hari. Hal tersebut bisa menyebabkan rambut menjadi kering dan kusam. 

Minyak alami yang dihasilkan oleh rambut akan berkurang karena zat kimia yang terkandung pada shampoo. Minyak alami adalah salah satu komponen penting pada rambut yang membantu menjaga kelembapan rambut dan membuatnya sehat.

Menggunakan shampoo anti dandruff

Hal yang perlu diperhatikan saat menggunakan shampoo anti ketombe atau anti dandruff adalah cara penggunaannya. Menggunakan shampoo anti ketombe yang benar adalah menggunakannya pada area kulit kepala saja.

Ketombe ada pada bagian kulit kepala, sehingga akan lebih optimal untuk menggunakan shampoo anti ketombe pada bagian kulit kepala saja. Hindari menggunakan shampoo anti ketombe hingga pada bagian ujung rambut. Agar terhindar dari rambut kering dan kusam.

Baca Juga: Yuk, Mulai Gunakan Air Mawar untuk Kesehatan Rambut

Terlalu sering menggunakan alat pemanas

Menggunakan alat pemanas untuk rambut seperti hair dryer, catok, dan pengeriting rambut terlalu sering bisa membuat rambut menjadi rusak. 

Hal tersebut dikarenakan panas pada alat tersebut bisa membuat rambut kehilangan nutrisinya dan lama-lama menjadi kering dan rusak. Untuk mengatasinya penggunaan pelindung panas atau heat protector bisa digunakan sebelum men-styling rambut.

Tidak menggunakan kondisioner

Kondisioner adalah bagian dari rangkaian perawatan rambut. Kondisioner memiliki fungsi untuk melembabkan rambut setelah shampoo. 

Kondisioner memiliki fungsi yang sama seperti moisturizer yang digunakan pada wajah. Kondisioner berfungsi untuk membantu rambut terlihat lebih sehat, lembut, dan berkilau.

Selanjutnya: Promo Rabu Ganteng Periode November di Klinik Natasha, Perawatan Pria Diskon s/d 50%

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News