HOME, Santai

Ini Dia Mitos Mengenai Perawatan Rambut yang Masih Dipercaya

Ini Dia Mitos Mengenai Perawatan Rambut yang Masih Dipercaya

MOMSMONEY.ID - Rambut merupakan mahkota wanita yang harus dirawat. Namun, merawat rambut bukanlah perkara yang mudah. Banyak hal yang harus diperhatikan agar perawatan rambut bisa maksimal.

Namun, memang tidak semua informasi seputar perawatan rambut benar adanya. Banyak juga yang sifatnya mitos. Kendati mitos yang salah, namun banyak juga orang yang percaya dengannya.

Berikut ini beberapa mitos mengenai perawatan rambut yang kerap kali muncul dan dipercaya masyarakat.

Baca Juga: Yuk, Mulai Gunakan Air Mawar untuk Kesehatan Rambut

Mencabut rambut beruban

Mitos yang paling umum ditemukan pada masyarakat umum adalah mitos mengenai mencabut rambut beruban. Mencabut rambut beruban merupakan mitos lama yang masih dipercaya hingga saat ini.

Padahal faktanya, muncul dan tumbuhnya rambut beruban dipengaruhi oleh banyak hal lainnya. Seperti genetik, stress, dan terlalu lama terkena paparan sinar matahari.

Mencukur rambut 

Mitos selanjutnya adalah mitos yang berkata bahwa mencukur habis rambut bisa membuat rambut tumbuh lebih tebal. Mitos ini biasanya berlaku pada bayi yang baru lahir.

Padahal pertumbuhan rambut tak dipengaruhi karena kegiatan mencukur rambut. Pertumbuhan rambut dipengaruhi oleh folikel yang terdapat pada rambut dan nutrisi yang diperoleh bagi kulit kepala sehat.

Baca Juga: Inilah 5 Penyebab Munculnya Sel Kulit Mati di Wajah, Sudah Tahu?

Rutin memotong rambut

Mitos mengenai rutin memotong rambut akan mempercepat proses pertumbuhan rambut juga masih berlaku di masyarakat umum. 

Padahal kenyataannya, kegiatan rutin memotong rambut hanya membantu untuk menghilangkan rambut bercabang yang mengganggu tekstur rambut. Yang tentu saja tak memiliki hubungan dengan pertumbuhan rambut pada folikel rambut.

Menggunakan satu merk perawatan rambut

Mitos selanjutnya adalah bahwa harus menggunakan satu merk yang sama saat menggunakan shampoo dan kondisioner. 

Faktanya dengan menggunakan merk atau brand perawatan yang berbeda dengan tujuan yang sama akan membantu rambut bisa terlihat lebih sehat. Tentu saja juga bisa membantu rambut tampak lebih terawat.

Selanjutnya: Diperpanjang! Promo KFC November 2021, Menu Goceng Plus Hemat Mulai Rp 4.000

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News