Santai

Jajal Kuliner Sunda di Warung Nasi Urang Sunda Khas Cianjur

Jajal Kuliner Sunda di Warung Nasi Urang Sunda Khas Cianjur

MOMSMONEY.ID - Akhir pekan tiba, saatnya memikirkan kegiatan seru bersama keluarga. Namun, bagi anda yang belum terpikir untuk menghabiskan akhir pekan esok, tak ada salahnya untuk wisata kuliner. Salah satunya di daerah Tangerang. Tak jauh dari Ibukota Jakarta, warung nasi sunda ini selalu ramai pengunjung. Ya, namanya Warung Nasi Urang Sunda khas Cianjur. Lokasinya pun tak jauh dari WTC Serpong. 

Warung yang berdiri tahun 2012 ini bisa dibilang tak pernah sepi pengunjung. Bahkan, bila ada pengunjung yang selesai menyantap makanan di warung makan khas Cianjur itu dan pulang, maka sejurus kemudian ada pengunjung lain yang mengisi meja dan kursi.

Meski begitu, Lulu, adik pemilik Warung Nasi Urang Sunda, mengaku, tidak ada hal khusus yang kakaknya buat untuk menarik pengunjung datang. "Mungkin makanan yang disajikan umum dan disukai banyak orang," kata Lala.

Hanya, menurut Lulu, semua menu di Warung Nasi Urang Sunda awalnya dicetuskan oleh sang kakak yang kelahiran Cianjur, Jawa Barat, dan suka dengan kuliner Sunda.

Saat ini, kurang lebih ada 37 menu lauk pauk dan sembilan aneka minuman di Warung Nasi Urang Sunda. Beberapa menu yang laris dan banyak pengunjung pilih adalah sate kulit, ayam goreng kampung kremes, pepes tahu, cumi tawar, sayur asem, gurame goreng.

Baca Juga: 4 Cara Memilih Daging Sapi yang Masih Segar

Mendengar nama menunya saja sudah membuat perut keroncongan. Jadi, langsung saja pesan. Eits, tidak seperti warung makan kebanyakan, untuk menyantap makanan di Warung Nasi Urang Sunda, Anda harus menuju gerobak prasmanan untuk mengambil sendiri lauk yang berjejer rapi dan menggoda mata juga perut.

Aneka pilihan menu Warung Nasi Urang Sunda di Serpong

Setelah puas memilih lauk pauk, Anda langsung berikan ke karyawan warung untuk digoreng atau dibakar. Konsep ini, Lulu menjelaskan, memang sengaja Warung Nasi Urang Sunda buat untuk memberikan rasa puas pengunjung memilih makanan.

Setelah itu, carilah tempat duduk, dan selanjutnya pegawai dengan sigap membawakan sebakul nasi dan lalapan segar. Menyusul kemudian lauk pauk yang Anda pesan.

Selalu baru

Saat lauk-pauk tersaji di meja, lidah seakan berkecamuk. Tak sabar untuk menyantapnya. Ketika menjajal ayam goreng kampung kremes beserta nasi hangat, rasanya gurih dan empuk. Tambah lagi, saat nasi putih diguyur sama kuah sayur asem. Lezat lagi enak.

Lulu bilang, semua ayam goreng kampung yang Warung Nasi Urang Sunda sajikan selalu baru, dan proses memasaknya dengan tingkat higienis yang tinggi. Ayamnya diungkep beberapa jam biar tidak alot atau keras saat dimakan. Baru setelah itu digoreng.

Menu Warung Nasi Urang Sunda di Serpong

Begitu juga dengan gurame goreng yang garing dan renyah. Jelas, lebih menggugah selera kalau menyantapnya bareng sambal jebleh. "Sambalnya campuran dari bawang merah, bawang putih, cabe rawit, digoreng kasar," ucap Lulu.

Baca Juga: Daftar 4 Makanan Pembentuk Otot yang Bagus Dikonsumsi Setiap Pagi

Ketika mencocol daging ikan gurame ke sambal jebleh, nampol di lidah. Pedas namun nikmat untuk disantap. Jangan berhenti dahulu, karena masih ada cumi tawar dan pepes tahu yang siap untuk dilahap. Untuk cumi tawar, Anda bisa memilih untuk dibakar atau digoreng. Tapi apa pun, rasanya tetap maknyus.

Bagi yang baru pertama kali mencoba cumi goreng atau bakar, mungkin hidangan di warung ini akan membuat Anda puas. Karena, ukuran cumi cukup besar dan tebal. Baunya pun tidak amis sama sekali karena fresh alias segar. Saat cumi dipotong jadi beberapa bagian pun, enggak susah.

Apalagi pepes tahu. Selain gurih dan nikmat, harum kemangi di dalam pepes tahu bisa menambah gairah makan. Buat yang ingin lauk-pauk tambahan, ada perkedel, bakwan jagung, ikan asin, babat atau paru, tahu dan tempe, serta masih banyak lagi.

Bicara soal harga, tenang saja. Tidak akan buat kantong jebol, kok. Harganya mulai Rp 3.000 sampai Rp 25.000 per porsi. Nah, untuk minumannya, ada bermacam-macam. Mulai dari es teh, es kelapa, aneka jus, sampai air mineral. Oh iya, catat, Warung Nasi Urang Sunda buka setiap hari, dari pukul 11.000 sampai 21.00 WIB. Untuk hari tertentu seperti Idul Fitri atau Lebaran, kedai ini tutup, ya.

Baca Juga: Bad Mood? Ini 4 Teh yang Berkhasiat Meningkatkan Suasana Hati

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News