Keluarga

Bad Mood? Ini 4 Teh yang Berkhasiat Meningkatkan Suasana Hati

Bad Mood? Ini 4 Teh yang Berkhasiat Meningkatkan Suasana Hati

MOMSMONEY.ID - Tingkatkan mood Anda dengan minum salah satu dari 4 teh yang berkhasiat meningkatkan suasana hati.

Secangkir teh hangat dari varietas tertentu bisa membantu menenangkan saraf dan mengangkat kembali suasana hati Anda. Fakta ini diperkuat dengan adanya penelitian yang mengungkapkan bahwa minum teh cara yang bagus untuk menenangkan pikiran, membantu mencegah penyakit kardiovaskular, dan bahkan meningkatkan kepadatan tulang.

Dilansir dari laman Well+Good, seorang spesialis nutrisi olahraga bersertifikat bernama Kylene Bogden, RDN, membagikan beberapa varian teh yang berkhasiat meningkatkan suasana hati.

Berikut 4 teh yang layak Anda coba ketika bad mood melanda.

1. Teh hijau

Teh hijau

Teh hijau sangat baik untuk meningkatkan suasana hati karena penuh dengan antioksidan dan tambahan kafein. Teh hijau juga merupakan sumber asam amino L-theanine yang mampu mendukung peningkatan suasana hati, menurut banyak penelitian.

Sebagaimana dijelaskan oleh psikiater bernama Daniel Amen, MD, L-theanine telah dikaitkan dengan banyak efek psikotropika yang bermanfaat terutama dalam hal mengurangi kecemasan dan stres.

Temuan dalam jurnal Nutrients menunjukkan bahwa sifat anti-stres dalam L-theanine terletak pada kemampuannya untuk meredam hormon stres kortisol. Uji coba terkontrol acak lainnya menemukan bahwa mengonsumsi L-theanine secara signifikan menurunkan sistem respons stres tubuh.

2. Teh chamomile

Teh Chamomile

Teh chamomile sangat baik untuk relaksasi, tidur lebih nyenyak, dan meningkatkan pencernaan. Teh chamomile juga dapat membantu mendukung sistem kekebalan tubuh.

Dalam pengobatan tradisional Tiongkok, chamomile kerap digunakan untuk memindahkan qi (energi vital manusia) dan mengobati stagnasi atau energi yang tertahan.

Sementara itu, dalam ayurveda, chamomile digunakan untuk mengatasi gas dalam perut, kembung, nyeri haid, insomnia, dan menenangkan sistem saraf.

Baca Juga: Sedang Diet? 5 Jus Ini Bisa Membantu Menurunkan Berat Badan dengan Lebih Cepat

3. Teh jahe

Teh jahe dengan madu

Kendati bercita rasa pedas, faktanya teh jahe dapat meningkatkan suasana hati dengan meningkatkan sirkulasi. Adapun sirkulasi yang lebih baik akan mendorong lebih banyak vitamin dan mineral untuk mencapai lebih banyak tujuan dalam tubuh yang mengarah pada peningkatan suasana hati.

Penelitian menunjukkan bahwa jahe efektif dalam mengurangi peradangan, pembengkakan, dan rasa sakit berkat senyawa yang disebut gingerol. Gingerol adalah senyawa bioaktif dalam jahe yang memiliki efek anti-inflamasi dan antioksidan yang kuat.

Jika Anda kurang cocok dengan rasa teh jahe yang menyengat, Anda bisa menambahkan madu ke dalamnya untuk membantu melunakkan rasanya yang terlalu kaya dan kuat.

4. Teh kunyit

Teh kunyit

Kunyit telah digunakan dalam pengobatan tradisional Tiongkok dan ayurveda selama ribuan tahun.

Mengandung lebih dari 200 senyawa fitokimia termasuk kurkumin, kunyit juga memiliki polifenol yang dapat mendukung kadar Brain-derived neurotrophic factor (BDNF) yang sehat untuk meningkatkan suasana hati dan membantu mengatasi situasi stres dengan lebih baik.

Untuk membuat teh kunyit, yang Anda butuhkan hanyalah kunyit segar atau kunyit bubuk dan air panas.

Moms, itulah 4 teh yang bermanfaat untuk membantu meningkatkan suasana hati. Apakah Anda tertarik untuk mencoba salah satunya?

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News