Keluarga

Jadi Tanda Sayang, Ini 6 Alasan Kucing Suka Menggigit

Jadi Tanda Sayang, Ini 6 Alasan Kucing Suka Menggigit

MOMSMONEY.ID - Kucing memang termasuk hewan dengan tingkah laku yang menggemaskan sekaligus membuat bingung pemiliknya. Salah satunya adalah kecenderungan mereka untuk menggigit pemiliknya, bahkan saat bermain sekalipun.

Sekilas, kucing yang menggigit pemiliknya memang terlihat agresif. Namun, jika ditelusur lebih jauh, ternyata ada beberapa alasan mengapa kucing suka menggigit, lo.

Apa saja alasan tersebut? Dirangkum dari Purina, PetMD, dan Pets’ Radar, berikut penjelasannya.

Tidak suka dielus

Jika kucing yang sedang dielus tiba-tiba menggigit tangan Anda, maka kemungkinan si kucing tidak suka dielus. Mereka bisa saja tidak suka dielus di bagian tubuh tertentu atau tidak suka dielus sering-sering sehingga Anda perlu memahami kapan dan di bagian tubuh mana si kucing suka dielus.

Baca Juga: Penyakit Kulit yang Umum Menyerang Kucing Peliharaan, Apa Saja?

Tanda sayang

Love bites alias gigitan sayang adalah hal yang biasa dilakukan sesama kucing untuk menunjukkan rasa sayangnya. Berbeda dengan gigitan biasa yang membuat sakit, jenis gigitan love bites biasanya tidak terasa sakit (hanya terasa di permukaan kulit Anda) dan tidak disertai dengan tanda-tanda agresif, misalnya mencakar dan mendesis.

Bagian dari grooming

Ketika sedang melakukan grooming alias menjilati dirinya sendiri, kucing terkadang akan menggigit tubuhnya sendiri untuk menyingkirkan kotoran atau gumpalan rambut yang membandel. Hal yang sama juga kerap terjadi saat mereka tengah menjilati Anda, hanya saja hal tersebut terkadang dianggap sebagai tanda sayang si kucing pada pemiliknya.

Baca Juga: Mengapa Kucing Suka Menjilati Tubuhnya? Simak Alasannya di Sini!

Melatih insting berburu

Kucing termasuk hewan predator yang suka menyerang dan berburu mangsa. Pada kucing domestik atau kucing peliharaan, biasanya mereka menggigit dan mencakar Anda sebagai “latihan” berburu di dalam rumah.

Mengurangi rasa sakit tumbuh gigi

Anak kucing mulai tumbuh gigi pada usia sekitar sembilan minggu. Sama seperti bayi manusia, anak kucing yang sedang tumbuh gigi juga bisa merasakan nyeri dan menggigit apa saja untuk membantu mengurangi rasa sakitnya, termasuk menggigit Anda.

Takut dan stres

Kucing yang tengah mengalami stres, depresi, atau ketakutan akan sesuatu biasanya akan menunjukkan beberapa perubahan perilaku. Salah satunya adalah kecenderungan mereka untuk lebih agresif, yang ditunjukkan melalui gigitan. Jika kucing Anda menggigit karena sedang takut, cobalah untuk menenangkan mereka atau biarkan mereka tenang sendiri.

Itulah beberapa alasan mengapa kucing suka menggigit. Semoga bermanfaat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News