ads

Mengapa Kucing Suka Menjilati Tubuhnya? Simak Alasannya di Sini!

Reporter: Kania Paramahita
Senin, 01 Agustus 2022 | 22:00 WIB
Mengapa Kucing Suka Menjilati Tubuhnya? Simak Alasannya di Sini!


MOMSMONEY.ID - Kucing terkenal dengan berbagai tingkah lakunya yang unik, seperti menjilati seluruh bagian tubuhnya kapan pun dan di mana pun.

Jika Anda memelihara kucing di rumah, mungkin sudah tahu bahwa kebiasaan tersebut mirip dengan kegiatan mandi pada manusia. Oleh karena itu, tak heran kucing kerap terlihat bersih.

Namun, ternyata masih ada alasan lainnya mengapa kucing suka menjilati tubuhnya. Apa sajakah alasan yang dimaksud? Dilansir dari The Spruce Pets, Hill’s Pet, dan Reader’s Digest, berikut penjelasannya.

Baca Juga: Ingin Memelihara Kucing Berbulu Panjang? Berikut Beberapa Jenisnya

Mengobati luka

Kucing umumnya akan menjilati area tubuhnya yang sedang terluka atau terasa nyeri. Air liur kucing dipercaya mengandung enzim yang berfungsi sebagai antibiotik alami. Namun, hati-hati supaya kucing Anda tidak menjilat luka secara berlebihan, karena justru bisa mengakibatkan infeksi dan memperlambat penyembuhan.

Menyembunyikan bau dari predator

Kucing yang baru makan atau menyentuh benda berbau menyengat biasanya akan menjilati tubuhnya. Hal ini akan membantu membersihkan sisa makanan atau benda berbau yang menempel di tubuh mereka, sehingga keberadaan si kucing tidak akan mudah terdeteksi oleh predator lainnya.

Membersihkan dan merawat bulu

Seperti yang sudah disebutkan di atas, kebiasaan kucing menjilati tubuhnya bertujuan untuk membersihkan tubuh layaknya mandi pada manusia. Selain membuat bersih, menjilati tubuh akan membantu meratakan minyak alami yang ada di kulit dan bulu kucing, sehingga akan selalu terawat.

Baca Juga: Kucing Peliharaan Anda Sedang Sakit? Kenali Tanda-Tandanya, Yuk!

Menurunkan suhu tubuh

Untuk membantu menjaga suhu tubuhnya, kucing mengandalkan air liur yang menguap dari bulunya. Oleh karena itu, kucing kerap menjilati tubuhnya supaya basah oleh air liur dan menguap, sehingga suhu tubuhnya akan turun dan lebih sejuk.

Menstimulasi peredaran darah

Jika diperhatikan, lidah kucing memiliki duri-duri kecil yang kasar di permukaannya. Jadi, ketika menjilati tubuhnya, bulu dan kulit mereka seakan-akan sedang disisir dengan sikat berukuran kecil. Mirip seperti sisir pada manusia, lidah kucing tersebut akan membantu melancarkan sirkulasi darah di tubuh si kucing.

Bersenang-senang

Adakalanya, kucing peliharaan di rumah menjilati tubuhnya sendiri hanya karena mereka menyukai sensasinya. Selain itu, ada juga beberapa kucing yang saling menjilati tubuh satu sama lain (bahkan menjilati Anda) sebagai tanda sayang.

Itulah beberapa alasan mengapa kucing suka menjilati tubuhnya. Semoga bermanfaat!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Kania Paramahita

Terbaru
TERPOPULER