Jadi Penyebab Kematian Bruce Lee, Kenali Overhydration Terlalu Banyak Minum Air

Reporter: Christ Penthatesia
Kamis, 24 November 2022 | 08:42 WIB
Jadi Penyebab Kematian Bruce Lee, Kenali Overhydration Terlalu Banyak Minum Air

ILUSTRASI. Penelitian baru ungkap kemungkinan penyebab kematian Bruce Lee adalah akibat terlalu banyak minum air putih atau disebut dengan overhydration.


MOMSMONEY.ID - Baru-baru ini sebuah penelitian baru mengungkap penyebab kematian Bruce Lee 49 tahun lalu yang terjadi secara tiba-tiba. Yakni, overhydration.

Penelitian tersebut mengungkap kematian Bruce Lee disebabkan karena terlalu banyak mengkonsumsi air putih. Sehingga, memicu timbulnya kondisi overhydration yang berbahaya.

Dalam keadaan apapun, minum air putih merupakan sebuah kewajiban yang harus dilakukan setiap hari.

Memberikan hidrasi bagi tubuh, membuang racun dalam tubuh, dan membantu tubuh menjalankan fungsinya adalah manfaat dari meminum air putih.

Baca Juga: Inilah 4 Tanda Wajah yang Kekurangan Kandungan Kolagen, Simak Yuk!

Namun, jika terlalu banyak minum air putih malah bisa menyebabkan munculnya suatu kondisi yang disebut overhydration atau kelebihan air dalam tubuh.

Hal tersebut ternyata bisa menyebabkan beberapa efek samping bagi tubuh. Overhydration bisa memicu suatu keadaan yang disebut dengan water intoxication.

Kondisi tersebut terjadi ketika kurangnya kadar garam dan elektrolit lainnya dalam tubuh. Air yang diminum terlalu banyak bisa membuat kadar garam dan elektrolit larut bersamanya dan dibuang oleh tubuh.

Laman Web MD menjelaskan, keadaan di mana berkurangnya kadar garam dalam tubuh disebut dengan hyponatremia yang menjadi penyebab utama dari overhydration.

Baca Juga: Sering Dikonsumsi, Sudah Tahu Manfaat Buah Pisang? Ini 6 Daftarnya

Kematian karena kasus tersebut memang langka namun tidak menghalangi risiko tersebut untuk terjadi. Seperti yang menimpa aktor Bruce Lee di tahun 1973 silam.

Overhydration bisa terjadi karena dua hal yaitu terlalu banyak air yang masuk dalam tubuh dan ketika tubuh tidak bisa membuang air dengan baik.

Melansir dari laman Health Line, terlalu banyak air yang masuk pada tubuh bisa mengganggu aliran darah.

Tentu saja, karena terlalu banyak air yang terkumpul pada aliran darah dan ginjal berusaha keras untuk membuang semua sisa air tersebut dengan susah payah.

Baca Juga: Punya Masalah Bau Badan? 4 Makanan Ini Berkhasiat untuk Membantu Mengatasi Bau Badan

Air yang terkumpul pada aliran darah bisa mengakibatkan air tidak dapat dikeluarkan dengan baik. Hal ini membuat air menempel pada sel sel dan menghambat kinerjanya yang bisa saja malah menimbulkan gangguan penyakit.

Tidak seimbangnya cairan dalam tubuh ini terjadi ketika tubuh menyimpan atau tidak dapat mengeluarkan air daripada kapasitas yang dimiliki ginjal.

Meminum terlalu banyak air bisa membuat cairan penting dalam tubuh larut bersamanya. Sehingga, ada baiknya untuk tetap mengonsumsi air dalam batasan wajar yaitu 9-13 gelas dalam sehari bagi orang dewasa.

Itu tadi adalah beberapa dampak bahaya terlalu banyak minum air putih atau overhydration yang menjadi penyebab meninggalnya aktor Bruce Lee.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Christ Penthatesia

Terbaru
TERPOPULER
TOPIK TERPOPULER