Santai

Sering Dikonsumsi, Sudah Tahu Manfaat Buah Pisang? Ini 6 Daftarnya

Sering Dikonsumsi, Sudah Tahu Manfaat Buah Pisang? Ini 6 Daftarnya

MOMSMONEY.ID - Menjadi salah satu buah yang paling banyak dikonsumsi, inilah beberapa manfaat buah pisang yang baik bagi kesehatan.

Pisang adalah buah yang dapat dengan mudah ditemukan di mana pun. Buah ini menjadi buah yang juga banyak dikombinasikan dengan jenis makanan lainnya.

Tak banyak yang tahu, berikut adalah beberapa daftar manfaat buah pisang yang baik bagi kesehatan:

Baca Juga: Inilah 4 Tanda Wajah yang Kekurangan Kandungan Kolagen, Simak Yuk!

Memperlancar sistem pencernaan

Pisang juga merupakan buah yang kaya akan serat dan bisa membantu memperlancar sistem pencernaan. Pisang mengandung probiotik yang merupakan salah satu kandungan penting untuk meningkatkan kesehatan usus.

Selain itu, kandungan pectin pada pisang juga bisa mencegah munculnya sembelit.

Menjaga kesehatan jantung

Melansir dari laman Health Line, potasium adalah salah satu kandungan mineral yang penting bagi kesehatan jantung. Terutama, untuk membantu mengatur peredaran darah yang lancar.

Sudah bukan rahasia lagi bahwa pisang adalah buah yang memiliki tinggi potasium. Satu buah pisang berukuran sedang mengandung 10% potasium dan 8% magnesium yang juga penting untuk menunjang kesehatan jantung.

Penuh anti oksidan

Hampir semua buah dan sayur dikenal memiliki banyak kandungan anti oksidan, termasuk pisang. Pisang mengandung beberapa jenis anti oksidan seperti flavonoid dan amines.

Selain membantu menangkal radikal bebas, anti oksidan tersebut juga bisa membantu mengurangi risiko penyakit jantung dan penyakit kronis lainnya.

Baca Juga: Simak Daftar Makanan untuk Meningkatkan Gairah pada Wanita

Membangun otot

Manfaat lain dari pisang adalah bisa membantu untuk membangun otot. Itulah sebabnya mengapa pisang banyak dikonsumsi atlit maupun orang yang aktif berolahraga.

Pisang mengandung magnesium yang bisa membantu kontraksi otot dan sekaligus merelaksasinya. Proses fotosintesis protein pun juga bisa didukung dengan magnesium dalam pisang.

Meningkatkan mood

Buah pisang ternyata juga memiliki manfaat untuk meningkatkan mood baik. Laman Eat This Not That menjelaskan, pisang mengandung 6% vitamin B9 dari kebutuhan harian, yang juga dikenal dengan folate.

Kandungan ini bisa membantu untuk melawan depresi dengan meningkatkan kadar anti depresan alami dari dalam tubuh. Serotonin pun juga bisa meningkat dengan rutin mengkonsumsi buah pisang.

Mengurangi kolesterol jahat

Pisang mengandung phytosterols yang ternyata bermanfaat untuk melawan kolesterol jahat.

Pisang juga mengandung vitamin B6, yaitu vitamin yang penting bagi kesehatan jantung, sistem imunitas, sistem pencernaan, dan termasuk fungsi sistem saraf.

Itulah tadi beberapa manfaat mengkonsumsi pisang yang ternyata baik dalam membantu menjaga kesehatan tubuh.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News