Punya Masalah Bau Badan? 4 Makanan Ini Berkhasiat untuk Membantu Mengatasi Bau Badan

Reporter: Ana Risma
Rabu, 23 November 2022 | 15:45 WIB
Punya Masalah Bau Badan? 4 Makanan Ini Berkhasiat untuk Membantu Mengatasi Bau Badan

ILUSTRASI. 4 Makanan yang Berkhasiat untuk Membantu Mengatasi Bau Badan.


MOMSMONEY.ID - Ini 4 makanan yang berkhasiat untuk membantu mengatasi bau badan. Yuk, konsumsi!

Bau badan tidak sedap menjadi salah satu permasalahan yang begitu mengganggu dan bisa dengan mudah menurunkan kepercayaan diri. Melansir Cleveland Clinic, bau badan atau body odor secara alami muncul ketika bakteri pada kulit bersentuhan dengan keringat.

Adapun sedap atau tidaknya bau badan dapat dipengaruhi oleh berbagai faktor seperti makanan, hormon, obat-obatan, kondisi hiperhidrosis (keringat berlebih), olahraga, stres atau kecemasan, cuaca panas, kelebihan berat badan, serta genetika.

Selain itu, perubahan aroma tubuh juga bisa disebabkan oleh beberapa kondisi dan penyakit medis seperti diabetes, encok, tiroid yang terlalu aktif, penyakit hati, penyakit ginjal, dan penyakit menular.

Bagi Anda yang memiliki masalah bau badan tidak sedap, pastikan Anda mencari tahu terlebih dahulu apa penyebabnya. Setelah itu, Anda dapat segera mengobatinya sesuai anjuran dokter atau sekadar memakai deodoran.

Jika pemakaian deodoran masih kurang memuaskan, maka Anda patut mengonsumsi lebih banyak keempat makanan yang dilansir dari laman Lifehack.org berikut ini guna membantu mengatasi bau badan.

Baca Juga: 4 Cara Menghilangkan Bleaching Rambut dengan Benar, Sudah Tahu?

1. Sayuran hijau

Makanan pertama untuk mengatasi bau badan adalah sayuran hijau. Sayuran hijau seperti bayam, selada air, dan kangkung mengandung klorofil tingkat tinggi.

Adapun klorofil telah dikaitkan dengan sejumlah manfaat kesehatan termasuk menetralkan senyawa penyebab bau badan.

Jika Anda jarang makan sayuran hijau, maka tidak mengherankan apabila tubuh Anda lebih rentan terhadap permasalahan bau badan.

2. Buah sitrus

Makanan kedua untuk mengatasi bau badan adalah buah-buahan sitrus. Kandungan asam yang terdapat dalam buah-buahan sitrus seperti jeruk, lemon, dan grapefruit mampu mendorong aliran air ke seluruh tubuh yang meminimalkan racun.

Pada gilirannya, racun dalam tubuh yang semakin minim akan mengurangi bau badan yang tidak sedap.

Untuk mendapatkan manfaat dari buah sitrus dalam hal mengatasi bau badan, Anda dapat mengonsumsinya secara langsung atau mengolahnya menjadi segelas jus segar untuk diminum setiap pagi.

Baca Juga: Dua Menu Salad untuk Membuat Kulit Lembab dan Awet Muda dari Dalam

3. Makanan tinggi serat

Makanan ketiga untuk mengatasi bau badan adalah makanan tinggi serat. Makanan yang tinggi serat seperti kacang polong, lentil, dan buncis sangat bagus untuk pencernaan.

Apabila Anda rajin mengonsumsi makanan tinggi serat, kinerja dari sistem pencernaan pun akan semakin membaik.

Alhasil, senyawa bau yang terdapat dalam makanan yang Anda konsumsi akan diproses lebih cepat dan menghasilkan lebih sedikit bau yang dikeluarkan melalui keringat.

4. Teh herbal

Makanan keempat untuk mengatasi bau badan adalah teh herbal. Teh herbal terutama teh peppermint bermanfaat untuk meningkatkan pencernaan dan memastikan bahwa tidak ada hal-hal buruk yang tertinggal di dalam sistem tubuh Anda.

Sementara itu, teh herbal berupa teh melati dapat secara aktif membantu tubuh untuk menghasilkan bau yang lebih segar.

Moms, itulah 4 makanan yang berkhasiat untuk membantu mengatasi bau badan. Selain rajin mengonsumsi keempat makanan di atas, pastikan Anda menghindari makanan atau minuman yang berisiko memperburuk bau badan seperti kopi, alkohol, daging merah, jinten, dan bawang-bawangan.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Ana Risma

Terbaru
TERPOPULER