HOME, Keluarga

Inspirasi Taman Minimalis Samping Rumah, Cara Cerdas Memanfaatkan Sisa Lahan!

Inspirasi Taman Minimalis Samping Rumah, Cara Cerdas Memanfaatkan Sisa Lahan!

MOMSMONEY.ID - Jika Anda punya sisa area di samping rumah, coba sulap menjadi taman minimalis yang dapat mempercantik rumah Anda.

Keberadaan taman di samping rumah juga dapat menjadi alternatif bila Anda memiliki lahan sempit dan tidak dapat berkebun dengan leluasa di depan atau belakang rumah.

Nah, berikut ini ada beberapa contoh taman minimalis di samping rumah yang dapat Anda jadikan inspirasi. Walaupun menggunakan lahan yang terbatas, penampilan taman-taman di bawah tetap terlihat estetik dan mempercantik rumah!

Baca Juga: Simak, Ini 4 Rekomendasi Bunga yang Bikin Taman Minimalis Makin Cantik

Tatanan pot cantik

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by HOMEBLOG ߏ¡ (@mrs.caragay)

Area sempit bukan berarti harus dibiarkan apa adanya. Contohnya seperti taman minimalis di atas, yang dibuat dari sisa lahan sempit di samping rumah dengan memanfaatkan deretan pot, batu alam, dan jalan setapak yang minimalis.

Warna dan desain pot, batu, dan jalan setapak pun dipilih agar senada dengan penampilan rumah. Tanaman hias yang digunakan memiliki bentuk simpel yang tegas dengan warna hijau tua yang segar, seperti lidah mertua. Kombinasi antara warna netral dan warna hijau pun menciptakan perpaduan warna yang apik.

Paving dan petak tanaman

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Holly (@hcbinteriors)

Jika ada ruang yang mencukupi di bagian samping rumah, Anda tak perlu menggunakan pot untuk memajang tanaman-tanaman Anda. Cukup tanam di sisi-sisi lahan, kemudian tutupi sisanya dengan paving yang minimalis.

Anda dapat memilih tanaman kesukaan Anda untuk ditanam di petak tanah yang tersedia. Supaya terlihat rimbun, coba gunakan tanaman bunga bersemak, pohon-pohon kecil, atau rumput dekoratif seperti pada gambar di atas.

Baca Juga: Inspirasi Teras Rumah Minimalis, Bikin Rumah Makin Impresif

Barisan semak yang simpel

Menata taman yang terlihat minimalis sebenarnya memang sesederhana itu. Cukup gunakan tanaman minimalis di satu sisi lahan, kemudian tambahkan ornamen simpel yang dapat mempercantik taman.

Contohnya seperti taman samping rumah di atas, yang menggunakan kombinasi semak dan pohon yang ditanam berderet pada satu sisi lahan. Sisa lahan yang tersedia digunakan sebagai area lalu lintas dengan menambahkan batu alam dan jalan setapak dengan warna netral yang alami.

Bak tanaman yang cantik

Membuat bak tanaman atau bedeng merupakan cara yang bisa Anda gunakan untuk menempatkan tanaman tanpa harus menggunakan pot.

Area yang kerap disebut sebagai raised bed ini dapat diisi dengan tanaman hias favorit Anda. Bentuk bak tanaman tersebut tentu harus memiliki desain yang serasi dengan keseluruhan penampilan taman, seperti gambar di atas yang menggunakan bak tanaman berlapis batu alam yang serasi dengan tema taman.

Bagaimana, taman minimalis samping rumah di atas terlihat cantik-cantik, bukan? Adakah desain taman yang ingin Anda tiru di rumah?

Selanjutnya: Rumah Jadi Segar, Berikut 5 Inspirasi Taman Minimalis di Balkon

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News