HOME, Keluarga

Rumah Jadi Segar, Berikut 5 Inspirasi Taman Minimalis di Balkon

Rumah Jadi Segar, Berikut 5 Inspirasi Taman Minimalis di Balkon

MOMSMONEY.ID - Sejak pandemi, kegiatan berkebun atau menata taman mulai kembali populer. Tak hanya membantu menyegarkan pikiran penghuni rumah, suasana rumah pun akan cantik dan segar dengan keberadaan tanaman-tanaman.

Namun, tidak semua orang memiliki lahan yang luas untuk membuat taman atau kebun di rumah. Solusinya, Anda bisa memanfaatkan area lain di rumah, misalnya balkon.

Karena memiliki luas yang terbatas, Anda bisa membuat taman kecil dengan gaya minimalis di balkon. Cara membuat taman minimalis di balkon sebenarnya cukup mudah, yaitu hanya dengan menaruh deretan tanaman kesukaan Anda di balkon dan rawat seperti biasa.

Nah, jika Anda menginginkan penampilan taman minimalis yang tertata rapi di balkon, coba tengok beberapa contoh balkon di bawah ini. Selain penuh dengan tanaman segar, penataannya pun nyaman sehingga Anda dapat bersantai sekaligus menikmati pemandangan tanaman yang cantik di balkon.

Baca Juga: Ide Dekorasi Balkon Minimalis, Cocok untuk Santai di Rumah

Kontras warna yang segar

Jika Anda menyukai penampilan balkon minimalis yang didominasi warna-warna netral yang cerah, warna hijau dari tanaman dapat memberi kontras warna yang segar di balkon Anda.

Contohnya seperti balkon pada gambar di atas yang didominasi warna putih bersih dan cream pada seluruh permukaan balkon. Untuk menambah tekstur dan warna yang lembut, pemiliknya menambahkan pernak-pernik seperti pot anyaman rotan, dekorasi macrame, bantal, dan selimut. Tanaman yang dipilih pun terlihat minimalis, segar, dan memberi kontras warna hijau yang apik di balkon.

Taman mini dengan jalan setapak

Ingin penampilan balkon yang minimalis, tapi tetap unik? Coba gunakan rumput pada seluruh permukaan lantai balkon seperti pada gambar di atas.

Anda bisa memilih untuk menggunakan rumput asli atau sintetis untuk menciptakan taman mini di balkon. Lalu, tambahkan jalan setapak simpel dan set kursi-meja yang akan menegaskan penampilan taman mini. Gunakan dekorasi seperti tanaman rambat di dinding atau deretan pot di sudut balkon untuk penampilan taman yang makin segar.

Baca Juga: Inspirasi Partisi Ruangan, Memberi Privasi Sekaligus Mempercantik Rumah

Nyaman untuk bersantai

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by AdvitDesign (@advitdesign)

Jika tersedia cukup ruang di balkon, cobalah untuk menggabungkan ruang santai dan taman sehingga Anda bisa menikmati deretan tanaman yang segar sambil bersantai di balkon.

Balkon di atas menggunakan panel kayu yang terlihat hangat dan natural untuk menggantung pot-pot tanaman menjadi taman vertikal yang estetik. Lalu, tempatkan pot-pot tanaman di sepanjang sisi atau sudut-sudut balkon supaya taman makin terlihat rimbun. Jangan lupa untuk menambahkan sofa empuk dengan warna yang senada dengan penampilan balkon.

Baca Juga: Rekomendasi Toko Sprei ala Korea untuk Dekorasi Kamar Tidur yang Makin Estetika

Tanaman yang rimbun

Anda tidak harus menggunakan tanaman hias dengan bentuk minimalis untuk menciptakan taman di balkon. Anda bisa menggunakan tanaman apa pun yang Anda sukai, seperti tanaman berbunga, tanaman herba, bahkan tanaman berbuah sekalipun.

Balkon di atas dimanfaatkan pemiliknya sebagai lahan berkebun mini. Selain tanaman hias standar, pemiliknya juga menambahkan deretan pot tanaman buah dan herba yang bisa dimanfaatkan untuk keperluan dapur. Tak hanya disusun berderet, ada juga pot bertingkat yang dapat menghemat tempat di balkon.

Taman balkon yang homey

Jika Anda lebih menyukai gaya balkon minimalis yang homey, coba lihat penataan taman balkon yang satu ini.

Balkon di atas menggunakan gabungan rak ambalan dan rak standar untuk memajang tanaman hias di balkon. Penggunaan pot terakota pun membuat balkon terasa hangat dan nyaman. Untuk melengkapi penampilan taman, ada tambahan sofa empuk dan pencahayaan dengan lampu warm light yang lembut.

Selanjutnya: 5 Ide Keramik Dinding Dapur yang Minimalis dan Cantik

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News