HOME, Keluarga

Inspirasi Partisi Ruangan, Memberi Privasi Sekaligus Mempercantik Rumah

Inspirasi Partisi Ruangan, Memberi Privasi Sekaligus Mempercantik Rumah

MOMSMONEY.ID - Keberadaan partisi di dalam rumah terkadang diperlukan untuk memberi batasan area dan privasi pada penghuni rumah.

Tak hanya memberi batasan area dan privasi, partisi ruangan pun dapat berfungsi sebagai elemen dekoratif yang menarik dan fungsional di dalam rumah.

Kuncinya, pilih partisi dengan desain yang sesuai dengan tema ruangan supaya keseluruhan penampilan interior rumah Anda terlihat serasi.

Jika Anda sedang mencari ide atau inspirasi desain partisi ruangan yang cocok untuk rumah Anda, coba tengok beberapa contoh partisi ruangan di bawah ini. Interior rumah jadi terlihat keren dan cantik tanpa harus mengorbankan privasi.

Baca Juga: Mengenal Partisi, Sekat Ruangan yang Fleksibel dan Praktis

Panel kaca yang klasik

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by LEKKO (@lekko.polskiprojekt)

Jika Anda menyukai penampilan rumah yang klasik dan homey, coba gunakan partisi dengan model yang klasik seperti pada gambar di atas.

Menggunakan model partisi gantung yang dipasang pada lantai dan langit-langit rumah, partisi ini memiliki bentuk zig-zag yang membuatnya terlihat ringkas.

Partisi ini terdiri dari panel kaca buram yang membantu mengaburkan visual sehingga ada kesan privasi yang tercipta. Panel kacanya pun diberi bingkai warna coklat hangat yang semakin menambah kesan klasik dalam ruangan.

Rak buku yang mutlfungsi

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by NICHBA (@nichbadesign)

Bagi Anda yang gemar membaca atau memiliki beragam pajangan rumah, Anda bisa memanfaatkan rak terbuka yang dapat berfungsi ganda sebagai partisi dan tempat penyimpanan barang.

Supaya penampilannya tidak terlalu berlebihan, pilihlah rak buku dengan desain minimalis dan material yang cocok dengan tema ruangan. Anda bisa memilih ketinggian rak buku yang pas dengan selera, baik rendah maupun tinggi.

Isi rak buku tersebut dengan buku, tanaman hias, atau dekorasi lainnya untuk membantu membatasi pandangan dan memberi privasi.

Partisi kayu yang hangat

Kkayu merupakan material yang populer digunakan untuk bangunan dan furnitur rumah, termasuk partisi. Anda dapat memilih partisi kayu dengan warna dan model yang sesuai dengan selera, namun cobalah untuk menggunakan desain simpel yang dapat dipadukan dengan gaya interior apapun.

Interior rumah di atas menggunakan partisi yang terdiri dari susunan panel-panel kayu untuk memisahkan ruang keluarga dan ruang makan.

Dengan panjang yang menyerupai dinding, partisi ini terlihat seperti bagian dinding yang simpel dan minimalis. Kesan ruangan yang hangat juga muncul dari kayu yang berwarna coklat terang.

Baca Juga: 4 Inspirasi Ruang Keluarga Monokrom yang Simpel dan Menawan

Tanaman yang menyegarkan

Jangan salah, tanaman pun dapat digunakan sebagai partisi ruangan. Anda bisa memilih untuk menjajarkan tanaman hias dalam pot untuk menciptakan batas ruangan atau menggunakan partisi khusus yang dilengkapi tempat untuk meletakkan tanaman hias.

Partisi pada gambar di atas memiliki model yang memungkinkan penggunanya untuk meletakkan tanaman hias di bagian atasnya.

Supaya penampilan partisi tidak berlebihan, tanaman hias yang digunakan pun memiliki desain simpel dan minimalis.

Penggunaan tanaman sebagai partisi dapat memberi kesan segar pada ruangan dan menambah aksen warna hijau yang cantik.

Partisi lipat yang fleksibel

Nah, partisi yang satu ini pasti sudah Anda kenal dengan baik. Pasalnya, partisi lipat atau sketsel merupakan jenis partisi yang populer digunakan di Indonesia karena ringan dan fleksibel.

Partisi jenis ini memiliki beragam desain dan material yang bisa Anda pilih sesuai selera dan tema interior ruangan.

Gambar di atas menggunakan partisi lipat berbahan rotan yang dapat menampilkan kesan vintage dan klasik pada ruangan.

Cukup padukan dengan furnitur dan warna-warna yang serasi, penampilan ruangan Anda pun akan semakin menarik.

Nah, itulah beberapa ide dan inspirasi desain partisi ruangan yang dapat memberi privasi sekaligus mempercantik rumah. Adakah desain partisi yang ingin Anda terapkan di rumah?

Selanjutnya: Inspirasi Desain Unik Bathtub, Membuat Kamar Mandi Tampil Beda

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News