HOME, Bugar

Inilah 5 Penyakit yang Bisa Diketahui Melalui Rontgen Thorax

Inilah 5 Penyakit yang Bisa Diketahui Melalui Rontgen Thorax

MOMSMONEY.ID - Rontgen dada atau yang disebut juga dengan rontgen thorax adalah pemeriksaan dengan menggunakan radiasi gelombang elektromagnetik guna menampilkan gambaran bagian dalam dada, dikutip dari Medical News Today.

Melalui rontgen dada, Anda dapat melihat gambaran jantung, paru-paru, saluran pernapasan, pembuluh darah, dan nodus limfa.

Rontgen dada juga bisa menunjukkan tulang belakang dan dada, termasuk tulang payudara, tulang rusuk, tulang selangka, dan bagian atas tulang belakang.

Biasanya dokter akan menganjurkan untuk melakukan rontgen dada bila Anda memiliki masalah dalam dada.

Dirangkum dari Medical News Today, ini beberapa jenis penyakit yang bisa diketahui melalui rontgen dada atau thorax.

Baca Juga: Waspada! Inilah 5 Penyebab Mata Kuning yang Perlu Diketahui

1. Masalah jantung yang berhubungan dengan paru

Rontgen dada dapat menunjukkan adanya perubahan atau masalah dalam paru-paru kamu yang berasal dari jantung. Misalnya seperti, cairan dalam paru-paru (pulmonary edema) yang merupakan hasil dari gagal jantung kongestif.

2. Ukuran dan bentuk jantung

Ukuran dan bentuk jantung yang berubah bisa menjadi pertanda dari penyakit gagal jantung, masalah katup jantung, ataupun cairan di sekitar jantung (efusi perikardial).

3. Patah tulang

Patah tulang pada tulang rusuk atau tulang belakang dapat dilihat dengan rontgen dada.

4. Masalah paru-paru

Rontgen dada bisa mendeteksi adanya kanker, infeksi, ataupun pengumpulan udara di ruang sekitar paru-paru (pneumothorax).

Pemeriksaan ini juga bisa menunjukkan kondisi kronis paru-paru, seperti emfisema atau cystic fibrosis, serta komplikasi yang berhubungan dengan kondisi ini.

Baca Juga: Apa Sebenarnya Manfaat Minum Air Kelapa Tua untuk Tubuh?

5. Pembuluh darah

Oleh karena letak pembuluh besar dekat dengan jantungmu, seperti aorta, arteri pulmonal dan vena, maka rontgen dada bisa mendeteksi adanya masalah, seperti aorta aneurisma atau masalah pembuluh darah lainnya, dan penyakit jantung bawaan dapat terlihat.

Sebelum terserang sejumlah penyakit berbahaya tersebut, disarankan untuk selalu menjaga kesehatan tubuh, mulai dari berhenti merokok, mengonsumsi makanan sehat bergizi seimbang, dan rutin berolahraga.

Jika diperlukan, Anda juga bisa mengonsumsi suplemen kesehatan sesuai kebutuhan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News