HOME, Bugar

Apa Sebenarnya Manfaat Minum Air Kelapa Tua untuk Tubuh?

Apa Sebenarnya Manfaat Minum Air Kelapa Tua untuk Tubuh?

MOMSMONEY.ID - Manfaat air kelapa tua tidak hanya untuk melepas dahaga semata.Selain menyegarkan, minum air kelapa, termasuk air kelapa tua, juga diyakini memiliki banyak manfaat kesehatan.

Khasiat air kelapa tua untuk kesehatan untuk kesehatan didapatkan dari berbagai mineral dan nutrisi yang dikandungnya. 

Pada dasarnya, kandungan nutrisi air kelapa tua dan air kelapa muda tidak jauh berbeda. Air kelapa tua juga mengandung asam amino dan berbagai mineral, seperti sodium, selenium, fosfor, kalium, dan zinc, dikutip dari Mayo Clinic.

Baca Juga: Sederet Manfaat yang Anda Dapatkan dengan Mengonsumsi Buah Sawo

Nah, berikut ini beberapa manfaat air kelapa tua yang menarik untuk diketahui dan dirasakan manfaatnya.

1. Meningkatkan kesehatan jantung

Suatu penelitian yang dilakukan Asian Pacific Journal of Tropical Medicine, pada hewan uji, ditemukan bahwa hewan yang mengonsumsi air kelapa tua bisa menurunkan kadar kolesterol dalam darah dan trigliserida, serta menurunkan perlemakan hati. 

Peneliti memberikan air kelapa sebanyak 4 ml per 100 gram berat badan hewan uji. Jika dibandingkan pada manusia, maka ini adalah dosis yang sangat tinggi. 

2. Menurunkan tekanan darah tinggi

Sebuah penelitian kecil terbitan The West Indian Medical Journal menunjukkan bahwa manfaat air kelapa tua dapat menurunkan tekanan darah tinggi sebesar 71%. 

Selain itu, kandungan air kelapa tua yang tinggi kalium dan rendah natrium  juga berperan penting dalam menawarkan manfaat satu ini. 

3. Berpotensi menurunkan gula darah

Manfaat air kelapa tua lainnya adalah membantu menurunkan kadar gula darah. Kandungan air kelapa muda terbukti kaya magnesium, kalium, mangan, vitamin C, dilansir dari Mayo Clinic.

Gabungan nutrisi ini dapat meningkatkan sensitivitas insulin sehingga membantu menurunkan kadar gula darah yang tinggi. Meski demikian, masih dibutuhkan penelitian lebih lanjut mengenai manfaat air kelapa satu ini.

Baca Juga: Selain Segar, Inilah 5 Manfaat Murbei untuk Kesehatan Tubuh

4. Meningkatkan kesehatan jantung

Minum air kelapa tua dapat membantu mengurangi risiko penyakit jantung. Alasannya karena air kelapa tua disebut mampu menurunkan tekanan darah tinggi. Hal ini berkat kandungan potasium dan kalium dalam air kelapa tua. 

5. Mencegah batu ginjal

Memastikan tubuh Anda mendapatkan asupan cairan tubuh yang cukup setiap hari sangat baik untuk mencegah batu ginjal. 

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa air kelapa mungkin bisa menjadi pilihan yang lebih baik guna memenuhi asupan cairan tubuh sekaligus membantu Anda terhindar dari penyakit batu ginjal (kencing batu).

Hal ini berdasarkan studi yang dilakukan pada tikus. Dari penelitian tersebut diketahui bahwa air kelapa tua mampu mencegah kristal menempel pada ginjal dan bagian lain dari saluran kemih. 

Itulah manfaat air kelapa tua untuk kesehatan. Meskipun banyak manfaat kesehatan dari air kelapa tua, tapi jika kamu memiliki kondisi tertentu seperti hamil atau mengidap penyakit kronis, sebaiknya tanyakan pada dokter.

Selanjutnya: Manfaat Daun Pandan yang Jarang Diketahui

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News