HOME, Bugar

Waspada! Inilah 5 Penyebab Mata Kuning yang Perlu Diketahui

Waspada! Inilah 5 Penyebab Mata Kuning yang Perlu Diketahui

MOMSMONEY.ID - Mata kuning umumnya ditandai dengan menguningnya bagian putih mata atau sklera. Kondisi ini umumnya berkaitan dengan gangguan kesehatan di kandung empedu, hati, atau pankreas.

Selain itu, banyak hal lain yang juga dapat menyebabkan mata kuning. Penyakit ini terjadi ketika komponen pembawa oksigen dalam darah, yang disebut hemoglobin, terurai menjadi bilirubin dan tubuh tidak membersihkan bilirubin.

Mengutip Mayo Clinic, bilirubin seharusnya berpindah dari hati ke saluran empedu. Kemudian, tubuh akan melepaskannya di kotoran. Jika semua hal ini tidak terjadi, bilirubin menumpuk di kulit dan membuatnya terlihat kuning.

Baca Juga: Manfaat Kunyit untuk Kesehatan Tubuh

Ada beberapa kondisi yang dapat menyebabkan mata kuning, di antaranya sebagai berikut.

1. Kondisi akibat gangguan pankreas

Pankreas adalah organ yang menghasilkan hormon dan enzim. Saluran yang berasal dari pankreas dan saluran empedu kandung empedu bergabung untuk mengalir ke usus kecil.

Jika saluran pankreas menjadi meradang, terinfeksi, atau tersumbat, empedu mungkin tidak mengalir dengan baik. Hal ini dapat menyebabkan penyakit kuning.

Mengutip American Cancer Society, kanker pankreas juga dapat menyebabkan kondisi ini.

2. Penyakit kuning

Penyakit kuning disebabkan oleh penumpukan zat bernama bilirubin di dalam aliran darah. Penyakit ini ditandai dengan gejala mata kuning dan kulit berwarna kuning.

Penyakit kuning umumnya terjadi pada bayi baru lahir, tetapi orang dewasa juga dapat mengalaminya. Penyakit kuning pada bayi baru lahir disebabkan organ hati yang belum dapat berfungsi dengan baik untuk mengolah bilirubin.

Sementara itu, penyakit kuning pada orang dewasa dapat menandakan adanya gangguan kesehatan, seperti hepatitis dan kanker pankreas.

Selain itu, mengutip National Health Service UK, penyakit kuning sangat umum terjadi pada bayi baru lahir karena hati masih dalam tahap pematangan.

3. Kondisi akibat gangguan pada hati

Dalam hal ini, hati melakukan peran penting dalam tubuh, termasuk memecah sel darah merah. Kondisi yang mempengaruhi fungsi hati dapat menjadi penyebab mata kuning pada orang dewasa.

4. Batu empedu

Gejala yang ditunjukkan penderita batu empedu umumnya bervariasi tergantung ukuran batu empedu. Mata kuning merupakan salah satu gejala yang dialami oleh penderita batu empedu.

Gejala ini juga disertai dengan nyeri perut kanan atas, nyeri dada, serta mual dan muntah.

5. Kelainan darah

Mata kuning juga bisa disebabkan adanya kelainan pada sel darah merah. Kelainan darah yang dimaksud dapat berupa anemia hemolitik, reaksi ketidakcocokan darah setelah transfusi darah, dan anemia sel sabit.

Baca Juga: Moms, Kenali Penyakit yang Kerap Menyerang Bayi di Tahun Pertamanya

Selain beberapa kondisi di atas, mata kuning juga disebabkan oleh efek samping obat-obatan, didanosine (obat HIV), isotretinoin, dan obat-obatan herba.

Gangguan kesehatan yang menyebabkan mata kuning adalah kondisi yang harus segera ditangani, terutama jika disertai gejala berupa nyeri perut, demam, atau dan BAB berdarah.

Konsultasikan ke dokter jika Anda mengalami gejala tersebut agar dapat diketahui penyebabnya dan dilakukan penanganan yang tepat.

Selanjutnya: Kenali Penyebab Laju Endap Darah Meningkat

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News