Bugar

Inilah 5 Manfaat yang Didapat dari Air Garam

Inilah 5 Manfaat yang Didapat dari Air Garam

MOMSMONEY.ID - Banyak sekali manfaat air garam untuk kesehatan yang sayang jika dilewatkan karena sangat bermanfaat untuk kesehatan tubuh.

Berkumur dengan air garam selama dilakukan untuk mengatasi sakit tenggorokan dan infeksi virus pernapasan. Tapi pada dasarnya, aktivitas ini juga punya manfaat lainnya.  

Air garam bisa membantu mengeluarkan air dari jaringan mulut sekaligus menciptakan penghalang dari patogen berbahaya agar tidak masuk kembali, dikutip dari Health Club.

Baca Juga: Anda Mudah Lesu? Coba Konsumsi 5 Makanan Penambah Stamina Ini

Dilansir dari Healthline, berikut ini adalah beberapa manfaat air garam untuk kesehatan tubuh yang bisa Anda rasakan, antara lain: 

Detoksifikasi tubuh

Manfaat air garam untuk kesehatan tubuh yang pertama bisa membantu deteksifikasi tubuh. Air garam yang berasa asin ternyata memiliki kemampuan antibakteri.

Jika Anda mengonsumsi air garam, efek yang ditimbulkannya adalah mengurangi racun dan bakteri berbahaya yang ada di dalam tubuh.  

Menjaga kesehatan gigi 

Manfaat air garam untuk kesehatan tubuh yang kedua bisa menjaga kesehatan gigi. Air garam dapat mengeluarkan air dan bakteri sekaligus melindungi gusi.

Jadi berkumur air garam efektif untuk meningkatkan kesehatan gusi dan gigi. Aktivitas ini juga dapat membantu mencegah radang gusi, periodontitis, dan gigi berlubang. 

Mengatasi sakit tenggorokan

Manfaat air garam untuk kesehatan tubuh yang selanjutnya adalah mengatasi sakit tenggorokan. Kumur dengan air garam bisa menjadi cara mengobati radang tenggorokan secara alami.

Dilasir dari Healthline, berkumur air garam bisa sangat efektif membantu mengatasi sakit tenggorokan ringan yang disebabkan oleh salemsa atau flu.

Baca Juga: Sederet Tanaman Herbal yang Ampuh Menyembuhkan Penyakit Mata

Menghilangkan sariawan 

Manfaat air garam untuk kesehatan tubuh yang keempat adalah menghilangkan sariawan. Sama halnya dengan sakit tenggorokan, kumur air garam diyakini dapat pula meredakan sariawan.

Air garam dapat bekerja dengan mengurangi rasa sakit dan peradangan yang disebabkan oleh luka ini. 

Mengurangi nyeri tenggorokan

Manfaat air garam untuk kesehatan tubuh yang terakhir adalah mengurangi nyeri tenggorokan. Nyeri tenggorokan bisa terjadi akibat infeksi bakteri atau virus.

Sebagai solusi dari nyeri tenggorokan, Anda bisa berkumur menggunakan air garam secara berkala. Para dokter pun sering mengedukasi pasiennya untuk berkumur dengan air garam.

Itulah beberapa manfaat air garam untuk kesehatan tubuh. Namun tetap ingat untuk tidak berlebihan menggunakan atau mengonsumsi air garam.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News