Bugar

Sederet Tanaman Herbal yang Ampuh Menyembuhkan Penyakit Mata

Sederet Tanaman Herbal yang Ampuh Menyembuhkan Penyakit Mata

MOMSMONEY.ID - Mata adalah satu organ penting bagi tubuh. Semua informasi yang dilihat akan ditangkap oleh mata, kemudian disambungkan kepada otak dan tubuh.

Namun, banyak sekali keluhan terkait mata yang sering dirasakan, seperti mata merah karena iritasi atau penyakit lain, minus, glaukoma, parahnya bisa membuat kebutaan.   

Menyembuhkan penyakit mata bisa dilakukan melalui pengobatan dokter. Namun ada acara lain untuk mengobati mata dengan cara alami yaitu menggunakan tanaman herbal.

Terdapat beberapa jenis tanaman yang ternyata mempunyai banyak khasiat untuk kesehatan mata tanpa menimbulkan efek samping.

Baca Juga: Ini 5 Manfaat yang Didapat dari Mengonsumsi Buah Semangka

Dirangkum dari Buku Pintar Tanaman Obat: 431 Jenis Tanaman Penggempur Aneka Penyakit, berikut ini beberapa tanaman herbal yang ampuh menyembuhkan penyakit mata, antara lain:

Bunga mawar

Tanaman herbal yang ampuh menyembuhkan penyakit mata pertama adalah bunga mawar. Salah satu manfaat air mawar ini karena sifat anti-inflamasinya yang kuat.  

Air mawar digunakan untuk meredakan iritasi eksim dan mengurangi kemerahan pada kulit. Sedangkan sifat antiseptik dan analgesiknya membantu dalam mengobati penyakit mata.   

Daun sirih

Tanaman herbal yang ampuh menyembuhkan penyakit mata kedua adalah daun sirih. Daun sirih dipercaya menjadi solusi yang baik untuk mengatasi mata minus.

Anda bisa menyiapkan dua lembar daun sirih yang telah dicuci hingga bersih. Kemudian tempelkan daun sirih pada mata, biarkan semalaman dan kemudian lepas ketika Anda bangun tidur.  

Baca Juga: Luar Biasa! Kenali Manfaat Daun Mint untuk Kesehatan Tubuh Berikut Ini

Bunga telang

Tanaman herbal yang ampuh menyembuhkan penyakit mata ketiga adalah bunga telang. Bunga telang ini merupakan tanaman jenis merambat.

Dilansir dari majesticherbs.com, bunga ini kaya antioksidan, flavanoid, dan peptida yang mengobati berbagai macam penyakit.  

Mengonsumsinya bisa memperbaiki sistem pencernaan dan peredaran darah. Sedangkan antioksidan, proanthocyanidin dapat membantu meningkatkan kesehatan mata.   

Daun binahong

Tanaman herbal yang ampuh menyembuhkan penyakit mata terakhir adalah daun binahong. Daun binahong memiliki kandungan antioksidan, asam karbonat, total fenol dan protein yang tinggi.

Selain mudah dirawat, tanaman ini juga mudah diolah untuk penyembuhan berbagai penyakit. Salah satunya menjaga kesehatan mata.

Hal ini dikarenakan kandungan vitamin seperti vitamin A, vitamin C, beta-karoten, zeaxanthin dan lutein memberikan perlindungan ekstra dari radikal bebas.  

Jika Anda menderita penyakit mata, Anda hanya perlu mencari beberapa tanaman ini untuk membantu menyembuhkan penyakit mata.

Tanpa perlu pergi ke dokter, manfaat tanaman herbal ini bisa membantu menyembuhkan penyakit mata yang Anda alami.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News