Bugar

Inilah 5 Manfaat Tahu untuk Kesehatan yang Sayang Jika Dilewatkan

Inilah 5 Manfaat Tahu untuk Kesehatan yang Sayang Jika Dilewatkan

MOMSMONEY.ID - Tahu adalah makanan yang terbuat dari bahan dasar kacang kedelai. Untuk membuat tahu, kedelai perlu Anda rendam, rebus, hingga menjadi susu.

Kemudian, susu kedelai tersebut dimasak kembali dan ditambahkan zat pengental yang bernama koagulan untuk membentuknya.

Meski demikian, kandungan nutrisi pada tahu tidak hanya itu. Hal yang juga penting, tahu mengandung fitoestrogen (phytoestrogen) yaitu isoflavon.

Kandungan ini berasal dari kacang kedelai yang merupakan bahan dasar dari tahu. Selain itu, dilansir dari Mayo Clinic, berikut ini adalah manfaat dari tahu yang bisa Anda rasakan, antara lain: 

Baca Juga: Ini 5 Obat Alami yang Bisa Menurunkan Kolesterol Tinggi

Menurunkan kadar kolesterol

Mengonsumsi makanan kaya akan protein, termasuk tahu, dipercaya bisa menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL) dalam darah.

Dengan demikian, manfaat tahu ini baik untuk mencegah penumpukan kolesterol di dalam pembuluh darah, sehingga menurunkan risiko terjadinya penyakit jantung dan aterosklerosis.

Mengontrol gula darah

Manfaat tahu yang kedua adalah membantu mengontrol gula darah. Tahu mengandung isoflavon yang berasal dari bahan baku utamanya, yaitu kacang kedelai. 

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa kandungan isoflavon di dalam kedelai bisa menurunkan kadar gula darah dan menjaganya tetap stabil.

Memelihara fungsi dan kesehatan otak

Manfaat mengonsumsi tahu yang selanjutnya diketahui baik untuk menjaga kesehatan dan fungsi otak.

Manfaat ini berasal dari kandungan isoflavon dan lecithin di dalam tahu yang bisa meningkatkan daya ingat dan konsentrasi, terutama pada lansia.

Baca Juga: Catat Moms! Kenali Manfaat dan Dosis Oralit untuk Balita

Menurunkan risiko kanker payudara

Fitoestrogen sebagai penyebab kanker payudara seringkali dikaitkan karena kandungan ini disebut mirip dengan hormon estrogen pada wanita. Meski demikian, efek kandungan ini tidak selalu sama dengan estrogen.

Dilansir dari NutritionFacts.org, fitoestrogen pada kacang kedelai dan produknya justru memiliki efek antiestrogenik pada jaringan tubuh sehingga bisa menurunkan risiko kanker payudara.

Menurunkan risiko kanker saluran pencernaan

Kandungan isoflavone juga diyakini bisa menurunkan risiko kanker di saluran pencernaan, seperti kanker lambung dan kanker kolorektal.

Salah satunya buktinya yaitu penelitian tahun 2016 pada European journal of nutrition, asupan kedelai dan produknya yang lebih tinggi terkait dengan penurunan risiko kanker sistem pencernaan sebesar 7 persen.

Itulah beberapa manfaat tahu yang bisa Anda ketahui. Tak hanya lezat atau mudah diolah, beragam manfaat tahu untuk kesehatan juga bisa Anda peroleh.

Namun, jika Anda memiliki kondisi tertentu atau mengalami reaksi alergi setelah mengonsumsi tahu, segera periksakan diri ke dokter agar menbisakan penanganan yang tepat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News