Bugar

Catat Moms! Kenali Manfaat dan Dosis Oralit untuk Balita

Catat Moms! Kenali Manfaat dan Dosis Oralit untuk Balita

MOMSMONEY.ID - Oralit adalah obat yang bermanfaat untuk menggantikan cairan dan elektrolit tubuh yang hilang akibat diare, sehingga bisa mencegah dan mengatasi dehidrasi.

Oralit bisa dikonsumsi oleh siapa saja, baik oleh bayi, anak-anak, maupun orang dewasa. Oralit yang ada bisa membantu dalam menjaga keseimbangan elektrolit di dalam tubuh.

Oralit atau larutan rehidrasi yang dikonsumsi secara oral ini mengandung natrium klorida, glukosa anhidrat, kalium klorida, dan trisodium sitrat.

Baca Juga: 5 Manfaat Menggunakan Kondom untuk Kesehatan yang Perlu Anda Ketahui

Sementara glukosa bisa menyediakan energi untuk pemulihan dan penyembuhan. Dilansir dari Healthline, inilah beberapa manfaat lainnya dari oralit yang perlu Anda ketahui, antara lain: 

1. Cairan ini mengandung rasio garam yang tepat guna menjaga osmolaritas tubuh.

2. Bisa bertindak cepat karena larutannya mengandung garam sederhana yang siap memasuki aliran darah.

3. Mudah dibuat dan hemat biaya.

4. Bisa diberikan dengan mudah dan langsung memberikan manfaat.

Baca Juga: Apa Itu Procrastination? Kenali Penyebabnya Berikut Ini Yuk!

Setiap orang tua juga perlu tahu dosis larutan oralit yang perlu diberikan pada anak. Hal ini agar anak bisa menbisakan manfaat yang tepat saat mengonsumsinya, terutama mengatasi dehidrasi.

1. Anak usia di bawah 2 tahun: 15 ml/kg berat badan diberikan satu hari sekali.

2. Anak usia 2-10 tahun: 50 ml/kg berat badan pada 4-6 jam awal. Lalu, 100 ml/kg berat badan pada 18-24 setelah pemberian yang pertama.

Untuk anak yang lahir dengan prematur, masih belum diketahui keamanan dan keefektivitasannya. Jika ingin tahu lebih jauh, cobalah untuk berdiskusi dahulu dengan dokter.

Itulah pembahasan mengenai manfaat dan dosis dari oralit yang perlu diketahui untuk diberikan pada balita. Jika anak alami diare dan kekurangan asupan cairan, ada baiknya segera memberikannya cairan oralit agar tidak alami dehidrasi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News