Bugar

5 Manfaat Menggunakan Kondom untuk Kesehatan yang Perlu Anda Ketahui

5 Manfaat Menggunakan Kondom untuk Kesehatan yang Perlu Anda Ketahui

MOMSMONEY.ID - Kondom adalah jenis kontrasepsi yang dipasangkan pada alat kelamin pria. Alat ini bermanfaat untuk mencegah kehamilan tak diinginkan dan mencegah penularan HIV.

Kondom telah dibuat sedemikian rupa demi keamanan dan kenyamanan pasangan suami istri selama berhubungan intim.

Namun, tak bisa dipungkiri, banyak pasangan yang menolak pakai kondom karena dianggap mengurangi kenikmatan seksual.

Sama seperti kontrasepsi lainnya, dilansir dari Healthline, kondom juga memiliki fungsi dan manfaat kesehatan yang bisa Anda dapatkan, antara lain: 

Baca Juga: Hati-Hati! Ini 5 Aktivitas Seksual yang Menjadi Penyebab Penyakit Sifilis

Mencegah penularan HIV

Manfaat kondom untuk kesehatan yang pertama adalah membantu mencegah penularan HIV dan penyakit menular seksual lainnya. 

Virus HIV mudah menyebar melalui hubungan intim tanpa kondom, karena penularannya melalui kelamin. Menggunakan kondom bisa mencegah Anda menyebarkan atau terinfeksi virus ini.

Memperpanjang durasi berhubungan intim

Manfaat kondom untuk kesehatan yang kedua bisa membantu memperpanjang durasi. Perlindungan itu penting, tapi kepuasan juga perlu dipertimbangkan.

Kondom ternyata bisa membantu meningkatkan kualitas kehidupan seks Anda dan pasangan dengan memperpanjang durasi hubungan intim.

Mencegah cedera

Manfaat kondom untuk kesehatan yang ketiga bsia mencegah cedera. Kondom dibuat dengan lapisan pelumas, agar penetrasi bisa berlangsung dengan lancar.

Banyaknya pelumas pada kondom membuat risiko cedera saat berhubungan intim menjadi sangat rendah dan aman digunakan.

Baca Juga: Hati-Hati, Kenali Gejala Vaginismus agar Bisa Mengatasinya dengan Tepat

Menjaga ereksi

Manfaat kondom untuk kesehatan yang selanjutnya adalah membantu menjaga ereksi. Ini adalah manfaat kondom lainnya yang juga perlu diketahui pria.

Terutama bagi yang mengalami kesulitan mempertahankan ereksi, penggunaan kondom bisa membantu ereksi bertahan lebih lama.

Higienis

Salah satu alasan mengapa hubungan intim perlu menggunakan kondom adalah lebih sehat dan higienis. Manfaat kondom ini membuat hubungan intim menjadi lebih bersih dan lebih aman.

Selain itu, menggunakan kondom berarti mencegah penularan penyakit menular seksual, seperti gonore, trikomoniasis, herpes, sifilis, dan lainnya.

Itulah sedikit penjelasan mengenai manfaat kondom bagi kesehatan yang penting untuk diketahui. Terapkan aktivitas seksual yang aman dengan menggunakan kondom guna mencegah masalah yang terkait dengan seksualitas.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News