Apa Itu Procrastination? Kenali Penyebabnya Berikut Ini Yuk!

Reporter: Christ Penthatesia
Kamis, 22 September 2022 | 08:40 WIB
Apa Itu Procrastination? Kenali Penyebabnya Berikut Ini Yuk!

ILUSTRASI. Kondisi procrastination yang suka menunda melakukan sesuatu secara sadar dan dalam jangka waktu lama bisa disebabkan karena beberapa faktor penyebab.


MOMSMONEY.ID - Pekerjaan yang menumpuk kerap kali membuat seseorang menjadi mudah merasa lelah, ingin beristirahat, lalu kembali mengerjakannya.

Namun bagi orang dengan tingkat procrastination yang tinggi, ia secara sadar dan konsisten tidak akan menyentuh pekerjaan tersebut.

Procrastination adalah salah satu aksi yang dilakukan secara sadar dalam bentuk menunda melakukan suatu pekerjaan meskipun sudah tau bahwa akan ada konsekuensi buruk yang terjadi setelahnya.

Baca Juga: Pria Wajib Tahu! Konsumsi 6 Makanan Ini untuk Tingkatkan Kualitas Sperma!

Laman Psychological Today menambahkan bahwa kebanyakan procrastinator, sebutan untuk orang-orang yang melakukan procrastination, adalah orang yang perfeksionis.

Orang perfeksionis biasanya tidak akan menyentuh atau melakukan pekerjaan jika tidak bisa menghasilkan hasil yang sempurna.

Maka dari itu kecenderungan untuk menunda melakukan kegiatan atau pekerjaan tersebut membuat mereka terbelenggu dalam aktivitas procrastination.

Biasanya orang dewasa lebih memiliki kecenderungan untuk melakukan kebiasaan membuang waktu ini dibandingkan dengan anak-anak.

Walaupun seseorang memiliki sifat yang terorganisir dan rapih, namun kecenderungan untuk melakukan procrastination masih mungkin terjadi dalam beberapa waktu.

Baca Juga: Moms, Ini Loh 4 Metode Belajar untuk Bantu Tingkatkan Fokus Belajar!

Faktor penyebab dari munculnya kebiasaan ini juga beragam. Dari mulai faktor akademik, depresi, gangguan mental, hingga beberapa penyebab lainnya.

Melansir dari laman Very Well Mind, beberapa faktor lain seseorang melakukan procrastination adalah karena mengalami kebingungan untuk memulai sebuah aktivitas, lupa, ketakutan untuk tidak melakukan hal dengan baik, dan juga keinginan untuk menunggu waktu yang tepat untuk melakukan aktivitas tersebut.

Disamping itu tidak adanya mood untuk mengerjakan suatu pekerjaan, kurangnya inisiatif, dan menyalahkan diri karena rasa tidak mampu bisa juga menjadi salah satu alasan seseorang melakukan tindakan procrastination.

Ada juga faktor seperti depresi, gangguan Obsessive Compulsive Disorder (OCD), serta gangguan Attention-Deficit/Hyperactivity Disorder (ADHD). Procrastination sendiri bukan merupakan gangguan mental namun dalam beberapa kasus bisa menjadi gejala dari beberapa kondisi gangguan kesehatan mental tersebut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Christ Penthatesia

Terbaru
TERPOPULER
TOPIK TERPOPULER