Ini 5 Obat Alami yang Bisa Menurunkan Kolesterol Tinggi

Reporter: Helvana Yulian
Senin, 25 Juli 2022 | 09:30 WIB
Ini 5 Obat Alami yang Bisa Menurunkan Kolesterol Tinggi


MOMSMONEY.ID - Seseorang bisa berisiko mengalami kolesterol tinggi jika memiliki berat badan berlebih atau kurang berolahraga.

Jika sudah terlanjur mengalami kolesterol tinggi, maka langkah pengendalian perlu segera dilakukan. Kabar baiknya terdapat obat alami untuk mengatasi kolesterol yang bisa Anda coba. 

Beberapa bahan alami telah diteliti untuk membuktikkan bahwa mereka dapat dikonsumsi untuk mengurangi kadar kolesterol secara klinis.

Baca Juga: Waspadai Penyebab dan Gejala Penyakit Angin Duduk

Dilansir dari Health Focus, ternyata berikut ini obat alami kolesterol tinggi yang bisa dikonsumsi untuk mengatasi kolesterol, antara lain: 

Bawang putih

Obat alami kolesterol tinggi yang pertama adalah bawang putih. Bahan dapur untuk obat kolesterol yang pertama adalah bawang putih.

Makan bawang putih mentah diketahui dapat membantu mencegah pembekuan darah, menurunkan tekanan darah, dan melindungi tubuh dari berbagai infeksi.

Bawang putih juga dapat membantu mengurangi timbunan plak pada arteri sehingga mencegah resiko penyakit jantung.

Beras ragi merah

Beras ragi merah merupakan obat tradisional Tiongkok dan juga sering dijadikan bahan masakan. Beberapa produk beras ragi merah mengandung banyak monacolin K.

Zat tersebut secara kimiawi memiliki bahan aktif yang bisa menurunkan kolesterol lovastatin. Beras ragi merah mengandung zat tersebut dapat membantu menurunkan kadar kolesterol darah.

Jahe

Obat alami kolesterol tinggi yang selanjutnya adalah jahe. Manfaat jahe memang sudah tidak diragukan lagi dan salah satunya bisa menjadi obat alami kolesterol.

Pada sebuah studi selama 45 hari terhadap 85 orang dengan kolesterol tinggi, 3 gram bubuk jahe menyebabkan penurunan yang signifikan pada sebagian besar penanda kolesterol.

Tak hanya itu, penelitian pun juga dilakukan pada tikus hipotiroid. Hasilnya, ekstrak jahe mampu menurunkan kolesterol LDL hingga tingkat yang sama dengan obat penurun kolesterol .

Baca Juga: Kolesterol Tinggi, Ini 5 Cara Tepat Untuk Mengatasinya

Ketumbar

Obat alami kolesterol tinggi yang keempat adalah ketumbar. Bahan dapur ini selain untuk membumbui masakan juga bisa menjadi obat alami kolesterol.

Di dalam biji ketumbar juga terkandung beberapa jenis asam yang efektif membantu mencegah pengendapan kolesterol dalam darah. 

Kacang kedelai

Obat alami kolesterol tinggi yang terakhir adalah kacang kedelai. Kacang kedelai dan produk olahan dari kacang kedelai bermanfaat untuk menurunkan kolesterol LDL.

Misalnya tahu, susu kedelai, tempe, dan kacang kedelai kukus, merupakan sumber protein tanpa lemak yang baik.

Dengan mengonsumsinya, maka bisa jadi pengganti makanan berlemak seperti daging sapi. Dengan begitu kolesterol secara keseluruhan dalam makanan dapat berkurang. 

Selain beberapa bahan alami tersebut, makanan berserat dan buah-buahan juga baik untuk kolesterol. Yuk, mulai hidup sehat dari sekarang dan jangan lupa berolahraga secara rutin.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Helvana Yulian

Terbaru