Santai

Ini Loh Cara Lakukan Diet Detox dengan Benar!

Ini Loh Cara Lakukan Diet Detox dengan Benar!

MOMSMONEY.ID - Moms, pernah mendengar istilah detox diet atau belum?  Metode diet yang satu ini memang sedang popular di kalangan pegiat hidup sehat di masa kini.

Dari namanya bisa dipastikan sudah terdengar menyeramkan, karena diet ini diklaim dapat membantu tubuh mengeliminasi racun- racun yang ada di dalam tubuh.

Melansir dari situs Health Line, ada beberapa proses yang harus dilakukan untuk mencapai diet detox yang baik. Termasuk dengan melakukan aktivitas berpuasa, makan makanan sehat, dan mengkonsumsi buah.

Baca Juga: 5 Manfaat Ikan Mas yang Baik untuk Kesehatan Tubuh

Diet ini diklaim juga dapat membantu membersihkan organ-organ vital dalam tubuh  serta membuat tubuh memiliki waktu untuk beristirahat dengan berpuasa. Namun tentunya masih dapat membuat tubuh mendapat nutrisi dengan baik.

Jika tertarik untuk mencoba diet detox, cara-cara ini dapat diterapkan.

Yang pertama adalah dengan menjalankan puasa selama 1-3 hari. Puasa disini artinya bukan tidak makan sama sekal, namun hanya disarankan untuk mengkonsumsi minuman segar seperti jus atau air kelapa muda.

Minuman tersebut berguna untuk membantu tubuh membersihkan sisa sisa makanan atau racun. Cara ini juga digunakan untuk mempersiapkan tubuh agara berada dalam kondisi bersih.

Baca Juga: Viral di Tiktok, Apa Sih Manfaat Natto bagi Kesehatan? Cari Tahu di Sini!

Setelah tubuh berada dalam kondisi bersih, tentu saja yang harus dilakukan selanjutnya adalah konsisten untuk makan makanan yang sehat. Buah dan sayur harus menjadi konsumsi wajib pada diet ini. Bahan makanan alami maupun rempah rempah juga diajurkan untuk dikonsumsi secara rutin.

Lalu, menjauhi makanan-makanan instan yang melalui banyak proses atau processing food, juga merupakan pantangan dari diet yang satu ini. Selain itu sebisa mungkin untuk mengurangi konsumsi gula, alcohol, rokok, dan bahan bahan makanan yang memiliki resiko jangka panjang.

Namun perlu diingat kembali untuk selalu mendiskusikan diet yang sesuai kondisi tubuh dengan dokter atau ahli gizi terutama sebelum melakukan diet ini. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News