Keluarga

Ini lo Penyebab Bau Tak Sedap di Kamar Mandi & Ruang Mencuci Baju Anda

Ini lo Penyebab Bau Tak Sedap di Kamar Mandi & Ruang Mencuci Baju Anda

MOMSMONEY.ID - Yuk, cari tahu benda penyebab bau tak sedap di kamar mandi dan ruang mencuci baju.

Kamar mandi dan ruang mencuci baju adalah ruangan yang paling lembap di rumah. Kedua ruangan ini adalah ruangan yang perlu rutin Anda bersihkan supaya tak bau. 

Jika kamar mandi dan ruang mencuci baju sudah sering Anda bersihkan namun tetap bau, mungkin Anda perlu tahu benda atau barang yang jadi sumber penyebab bau serta cara membersihkannya. 

Melansir Real Simple, jika ruang mencuci baju Anda bau tak sedap mungkin penyebabnya adalah mesin cuci Anda. Sedangkan jika kamar mandi bau tak sedap, maka permasalahannya bisa dari banyak tempat tersembunyi.

Baca Juga: Kakeibo Financial Budgeting Ala Jepang Anti Boros, Coba yuk

Ini penyebab bau tak sedap di kamar mandi & ruang mencuci baju serta cara membersihkannya

1. Mesin cuci dan pengeringnya

Mesin cuci dan pengeringnya juga kerap menjadi benda yang menyebabkan bau tak sedap jika tak Anda bersihkan secara rutin. Anda perlu membersihkan mesin cuci dan pengering setiap bulan. 

Caranya, Anda perlu menjalankan mode mencuci tanpa ada baju di dalamnya. Gunakan produk pembersih mesin cuci atau satu cangkir klorin pemutih.

Setelah selesai, gunakan kain microfiber untuk membersihkan bagian dalamnya. Berikan perhatian ekstra dibagian karet pada penutup dan bagian dispensernya. 

Kemudian di bagian pengeringnya, Anda juga perlu dibersihkan. Terutama, pada bagian ventilasi mesin pengering dan bagian pembuangan luar. 

2. Wastafel dan saluran pembuangan bak mandi

Bagian saluran pembuangan ini terus-menerus menerima air sehingga mudah lembab. Kondisi ini yang membuat wastafel dan saluran pembuangan air jadi sumber bau tak sedap. 

Cara mengatasi penyebab bau yang satu ini adalah dengan menyumbat terlebih dahulu saluran tersebut. Kemudian, tuangkan setengah cangkir soda kue, lalu tuangkan setengah cangkir cuka suling atau distilled vinegar. 

Campuran ini akan menghasilkan busa, kemudian tunggu sampai busa menghilang. Setelah itu, siram dengan air panas. 

Baca Juga: Dapur Anda Memiliki Aroma Tak Sedap? Mungkin Ini Penyebabnya

3. Pipa yang tersumbat

Seringkali pada saluran pembuangan air di lantai kamar mandi Anda menemukan rambut yang menyumbat. Nah, sumbatan ini menyebabkan banyaknya bakteri yang tumbuh.

Untuk masalah ini, Anda membutuhkan bantuan profesional untuk membersihkan pipa yang tersumbat. 

4. Pipa yang bocor

Jika di rumah Anda ada pipa yang bocor, biasanya dinding rumah akan lembab dan cepat berjamur. Tak hanya dinding, daerah yang dekat dengan pipa bocor ini juga bisa berjamur sehingga menyebabkan bau tak sedap.

Kalau Anda menemukan pipa bocor, segera perbaiki dan bersihkan jamur yang tumbuh dan pastikan daerah tersebut benar-benar kering. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News