Keluarga

Dapur Anda Memiliki Aroma Tak Sedap? Mungkin Ini Penyebabnya

Dapur Anda Memiliki Aroma Tak Sedap? Mungkin Ini Penyebabnya

MOMSMONEY.ID - Semua makanan yang tumpah di kulkas atau meja dapur sudah Anda bersihkan. Sampah dan sisa makanan juga sudah Anda buang. Tapi, dapur tetap berbau tak sedap. Kira-kira apa penyebab dapur tetap berbau tak sedap? 

Melansir Real Simple, ada 4 benda yang harus Anda cek karena menyebabkan bau tak sedap menyebar di seluruh ruangan dapur. Mulai dari wastafel cuci piring hingga alat-alat lain yang Anda tak sadar jadi penyebab baunya. 

Baca Juga: Ingin Hapus Nomor Telepon dari Akun Instagram? Begini Caranya

Penyebab bau tak sedap di dapur

1. Mesin pencuci piring 

Mesin pencuci piring bisa menjadi penyebab bau tak sedap di dapur. Biasanya bau ini disebabkan karena ada makanan yang terperangkap di penyaring mesin tersebut.

Sebaiknya, Anda coba pindahkan terlebih dulu rak paling bawah dan temukan penyaring yang menyebabkan bau. Biasany filter berada di bawah alat penyemprot.

Jika sudah menemukan penyaring, ambil dan rendam di air hangat yang sudah dicampur dengan sabun. Kemudian pasang kembali, dan nyalakan mode mencuci pada mesin dengan memberi cairan pencuci piring. 

2. Wastafel

Wastafel juga bisa menjadi penyebab bau tak sedap, terutama pada bagian pembuangan. Anda bisa membersihkannya dengan cuka atau soda kue. 

Caranya, cabut terlebih dahulu bagian selang pembuangan. Kemudian, gosok dengan spons kasar yang sudah diberi air hangat yang dicampur dengan sabun. Lalu, tuangkan setengah cangkir soda kue dan setengah cangkir cuka. 

Selang pembuangan bakal berbusa karena campuran soda kue dan cuka. Setelah busa menghilang, Anda bisa menyiram dengan air hangat yang mengalir selama beberapa menit.

Baca Juga: Stop Lakukan 5 Hal Berikut jika Kulit Ingin Tampak Flawless Saat Pernikahan

3. Kulkas

Bau tak sedap biasanya muncul dari kulkas karena makanan yang tumpah atau makanan yang sudah basi. Jika sudah Anda bersihkan dan masih bau, bersihkan dengan air panas yang sudah dicampur cuka. 

Jangan lupa cek wadah untuk tetesan air. Biasanya wadah ini lembab dan mudah berjamur karena freezer yang mencair. Biasanya wadah ini ada di bagian bawah kulkas. 

Tarik wadah tersebut, buang airnya dan cuci dengan air hangat yang dicampur cairan pencuci piring. Kemudian, campurkan pemutih dengan air 50:50 dan semprotkan pada wadah tersebut. Setelah itu, Anda bisa mengeringkan dan memasangnya kembali. 

4. Spons
Benda yang perlu Anda perhatikan yang mungkinjadi penyebab bau tak sedap di dapur adalah spons.  Pasalnya, benda yang satu ini digunakan untuk mencuci peralatan yang kotor sehingga bakteri yang menempel menyebabkan bau tak sedap. 

Jika Anda sering mencuci spons dan masih bau, sebaiknya langsung Anda buang. Spons memang sebaiknya Anda buang setelah 2-3 minggu digunakan. 

Demikian informasi benda-benda yang menyebabkan bau tak sedap di dapur. Semoga informasi bermanfaat bagi Anda. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News