Santai

Kakeibo Financial Budgeting Ala Jepang Anti Boros, Coba yuk

Kakeibo Financial Budgeting Ala Jepang Anti Boros, Coba yuk

MOMSMONEY.ID - Jadi salah satu tren gaya hidup dan finansial populer, apakah Anda pernah mendengar istilah Kakeibo?

Kakeibo adalah sebuah istilah yang muncul dari Jepang. Ini adalah sebuah istilah yang digunakan untuk menjelaskan cara berhemat uang atau menabung.

Menurut sejarahnya, Kakeibo pertama kali dipopulerkan oleh seorang jurnalis Jepang bernama Motoko Hani.

Baca Juga: Hoarding Disorder: Kenali Ciri dan Penyebabnya Ini, Termasuk Suka Menimbun Barang

Ia pertama kali memublikasikan metode Kakeibo ini di sebuah majalah perempuan di tahun 1904.

Kakeibo adalah metode yang memiliki tujuan untuk mengatur kondisi keuangan yang lebih tertata.

Ada 5 tahapan yang biasa digunakan dalam menjalankan Kakeibo ini. Sedangkan yang dibutuhkan untuk melakukan metode ini adalah buku jurnal.

Buku tersebut digunakan untuk mencatat seluruh pengeluaran dan kebutuhan uang yang dimiliki.

Baca Juga: 4 Alasan Mengapa Harus Mulai Thrifting, Ada Keuntungannya Juga Lo

Pertama, Anda wajib mencatat rincian pemasukan pada jurnal keuangan Anda. Catatlah semua sumber pemasukan dan pendapatan yang Anda peroleh seperti gaji bulanan dan sumber pendapatan lainnya.

Selanjutnya, buatlah daftar kebutuhan selama sebulan. Tulis semua kebutuhan secara rinci. Mulai dari kebutuhan harian hingga kebutuhan yang tak terduga. Contohnya, kebutuhan makan, transportasi, belanja, buku, kado, atau bahkan kuota internet.

Tahapan yang paling penting dari metode Kakeibo ini adalah penggunaan amplop.

Buat pos keuangan dari amplop-amplop berlabel dengan kebutuhan yang telah dicatat tadi. Lalu, masukan jumlah uang sesuai dengan rencana budgeting.

Baca Juga: Apa Saja Tanda Pasangan Red Flags? Cek 5 Tandanya di Sini

Setelah menggunakan uang tersebut, jangan lupa untuk mencatat setiap pengeluaran harian dan bahkan uang kembalian yang Anda miliki dari sisa uang, pada amplop budgeting.

Terakhir, setelah satu bulan berlalu, cobalah teliti kembali rincian tersebut apa sudah sesuai dengan jumlah uang yang dimiliki. Jika tidak sesuai, maka bisa dijadikan acuan untuk budgeting di bulan berikutnya.

Perlu diingat, semua metode Kakeibo ini menggunakan transaksi uang tunai dibanding menggunakan transaksi non tunai. Karena dengan menggunakan uang tunai, maka pengaturan keuangan dirasa lebih mudah dan tidak boros.

Dari menerapkan Kakeibo ini diharapkan Anda bisa lebih bijak untuk mengeluarkan uang sesuai budget maupun membedakan antara keinginan dan kebutuhan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News