Keluarga

Ini Lo Cara Memilih Coffee Table yang Tepat untuk Ruang Tamu

Ini Lo Cara Memilih Coffee Table yang Tepat untuk Ruang Tamu

MOMSMONEY.ID -  Coffee table adalah meja kecil yang bisa digunakan untuk meletakkan semua benda kecil seperti remote, lilin dan buku. Saat ini banyak desain coffee table beragam, namun bagaimana cara memilih yang paling tepat? 

Saat ini coffee table tidak hanya terdiri dari permukaan kaca. Selain itu coffee table juga memiliki bentuk beragam, penyimpanan rahasia bahkan ada yang dilengkapi kulkas kecil. 

Baca Juga: Kenali Arti Letak Jerawat dan Penyebabnya di Wajah, Yuk!

Dari banyaknya pilihan, bagaimana cara memilih coffee table yang tepat? Yuk simak beberapa pedoman di bawah ini!

Mulai dari memilih bentuk coffee table

Melansir Better Homes & Gardens, pertama Moms bisa memilih bentuk coffee table yang diinginkan. Dalam desain interior bentuk bulat merepresentasikan keamanan, persatuan dan tak terbatas. 

Sementara bentuk kotak dan persegi panjang merupakan simbol dari perintah, formalitas dan kesolidan. Bentuk persegi panjang biasanya lebih enak dipandang mata ketimbang kotak. 

Meskipun biasanya bentuk coffee table standar berbentuk lingkaran, oval, persegi panjang dan kotak, Anda juga bisa menemukan bentuk lain. Saat ini banyak coffee table yang berbentuk lengkungan natrual. Bentuk ini menawarkan spontanitas dan kenyamanan yang mungkin tidak dimiliki coffee table berbentuk umum. 

Pilih gaya coffee table Anda
Sebagai tambahan dalam memilih bentuk coffee table, pertimbangkan bentuk yang merefleksikan gaya dan personaliti Anda. Berikut beberapa pertanyaan yang perlu dijawab saat mempertimbangkannya:

  1. Warna dan pola seperti apa yang membuat saya tertarik?
  2. Apakah saya menginginkan tampilan tradisional atau modern? 
  3. Saya ingin nuansa seperti apa, formal atau santai? 
  4. Apakah coffee table cocok dengan penampilan dan nuansa di ruangan?
  5. Apakah coffee table bisa melengkapi furnitur saya yang lain?
  6. Apa desain interior atau gaya dekorasi ruangan saya? 

Pilih ukuran coffee table yang sesuai dengan ruangan
Coffee table umumnya memiliki tinggi 43 - 48 cm, kedalaman 60 cm dan lebar 91-121 cm. Untuk memastikan ukuran coffee table yang tepat, ukur ruangan dan furnitur yang akan berada di dekat coffee table. 
Berikut panduan yang bisa Anda ikuti:

  1. Analisa proporsi perabot lain di ruangan Anda terutama sofa atau bangku yang akan jadi pasangan coffee table
  2. Jika Anda meletakan coffee table di depan sofa, pilih meja kopi yang berukuran 2% dari total panjang sofa Anda
  3. Selalu beri jarak sekitar 45 cm antara sofa dan meja. Ini akan memberikan ruang kaku yang cukup dan jarak yang ideal untuk bersandar saat meraih sesuatu
  4. Bandingkan tinggi tempat duduk dan meja kopi Anda yang seharusnya memiliki tinggi 4,5-5 cm lebih rendah dari sofa atau memiliki tinggi yang sama dengan dudukan soda. 
  5. Jika Anda memiliki ruang tamu yang besar Anda mungkin membutuhkan dua coffee table yang berdampingan. 

Pilih bahan coffee table yang sesuai
Pilih bahan coffee table yang paling aman dan tahan lama. Kemudian periksa tekstur baik secara taktil maupun visual. Pertimbangkan bagaimana bahan tersebut menjadi tempat aksesoris dan melengkapi seluruh tampilan ruangan dan furnitur yang sudah ada sebelumnya. 

Coffee table yang terbuat dari kayu lebih tahan lama dan serbaguna. Kayu mahoni terlihat lebih cantik di ruangan tradisional. Sementara kayu walnut dan ek alami lebih cocok di ruangan modern dan rumah pertanian. 

Coffee table yang terbuat dari kaca atau cermin lebih elegan dan membuat ruangan terasa lebih luas. Dengan penampilan yang ramping, bahan ini cocok untuk di ruangan yang kecil dan menambah kemewahan pada gaya apapun. Namun bahan ini mudah pecah. 

Coffee table dari akrilik mirip dengan kaca namun lebih kokoh seperti baja dan tahan pecah. Namun tetap saja akrilik lebih mudah tergores dibandingkan kaca. 

Ada juga coffee table yang terbuat dari logam dan bahan alami seperti rotan, marmer dan anyaman. Anda bisa memilih mana yang paling sesuai dengan kebutuhan. 

Baca Juga: Pahami Makanan Penyebab Bau Mulut dan Cara Mengatasinya di Sini

Pertimbangkan penempatan coffee table
Biasanya coffee table diletakan di ruang tamu formal atau ruang keluarga. Adapun ruang keluarga biasanya kerap digunakan sehari-hari sehingga Anda perlu coffee table yang berfungsi ganda. Sedangkan untuk di ruang tamu formal, biasanya Anda hanya membutuhkan coffee table yang lebih praktis.

Buat rencana pengeluaran
Coffee table biasanya dijual mulai dari Rp 2 jutaan. Saat Anda mencari coffee table, evaluasi lagi apa tujuan Anda memiliki coffee table. Membeli coffee table yang murah akan membuat Anda harus sering menggantinya. Sedangkan coffee table yang mahal masih bisa Anda jual lagi saat ingin menggantinya. 

Demikian cara memilih coffee table yang tepat untuk ruang tamu Anda. semoga informasi ini bermanfat!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News