Bugar

Kenali Arti Letak Jerawat dan Penyebabnya di Wajah, Yuk!

Kenali Arti Letak Jerawat dan Penyebabnya di Wajah, Yuk!

MOMSMONEY.ID - Supaya tidak keliru, kenali arti letak jerawat dan penyebabnya. Jerawat bisa muncul secara tiba-tiba dan letaknya pun tidak terduga.

Jerawat adalah masalah kulit yang paling sering dialami oleh banyak kalangan, baik remaja ataupun dewasa. Biasanya jerawat disebabkan oleh pola makan tidak sehat, penggunaan produk skincare yang kurang tepat dan kurangnya membersihkan wajah.

Namun, ternyata ada beberapa penyebab lain munculnya jerawat berdasarkan letaknya. Melansir dari thebodyshop.co.id, simak penjelasannya di bawah ini : 

Baca Juga: Pahami Makanan Penyebab Bau Mulut dan Cara Mengatasinya di Sini

1. Dahi dan sekitar garis rambut

Munculnya jerawat di dahi dan sekitar garis rambut, penyebabnya bisa berasal dari penggunaan sampo Anda yang kurang cocok atau kondisi kebersihan rambut Anda terutama poni.

Bila frekuensi kemunculan jerawat di area ini cukup sering, bisa jadi menandakan bahwa Anda memiliki masalah dengan pencernaan.

Cara mengatasinya yaitu kurangi konsumsi junk food yang mengandung lemak dan mulailah lebih rajin mengonsumsi sayur dan buah-buahan.

Selain itu, jaga kebersihan makanan Anda, biasakan mengunyah makanan dengan benar, banyak minum air putih, kurangi minuman bersoda, jaga kebersihan kulit di area dahi.

2. Antara kedua alis

Arti letak jerawat di antara kedua alis dapat disebabkan oleh adanya masalah pada organ hati. Salah satu cara mengatasinya adalah dengan menghindari kebiasaan begadang di malam hari dan tidur cukup paling tidak 8 jam sehari.

Hal ini bisa membuat hati Anda beristirahat dan berfungsi dengan lebih baik. Selain itu, hindari makanan atau minuman yang berbahan dasar alkohol, susu, atau yang terlalu berminyak. Imbangi dengan melakukan olahraga rutin.

Baca Juga: Resep Martabak Mini Rumahan Rasa Gulai Padang, Nikmat dan Bertekstur Tebal

3. Bawah mata

Selanjutnya, arti letak jerawat di bawah mata bisa jadi disebabkan oleh keadaan ginjal yang tidak sehat. Anda dapat mengonsumsi buah-buahan seperti melon, timun, dan labu. Jagalah selalu kebersihan wajah Anda, terutama saat berkeringat dan sering memakai make up.

Kekurangan cairan juga bisa menyebabkan masalah tersebut. Oleh karena itu, penuhi cairan tubuh dengan meminum air putih minimal 8 gelas per hari.

4. Hidung

Arti letak jerawat di hidung bisa jadi salah satu tandanya yaitu jantung Anda sedang dalam keadaan yang kurang baik. Atau, bisa juga menandakan tekanan darah Anda sedang tinggi.

Rajinlah berolahraga, batasi makanan yang mengandung garam tinggi seperti junk food, makan lebih banyak sayur dan buah-buahan untuk dapat menjaga kesehatan dan tekanan darah, serta hindari minum minuman berenergi.

Baca Juga: 15 Twibbon Hari Anak Internasional 2023 Terbaru, yuk Pakai Fotonya dan Bagikan

5. Pipi

Pipi menjadi letak jerawat yang paling banyak dialami oleh banyak orang. Munculnya jerawat di pipi akibat dari layar handphone dan alas bantal yang tidak bersih.

Selain itu, polusi udara yang diperoleh setiap hari juga berpengaruh pada sistem pernapasan dan menjadi penyebab jerawat di pipi.

Oleh karena itu, bersihkan ponsel dengan tisu untuk menghilangkan bakteri dan ganti sarung bantal setiap dua minggu sekali.

Lalu, lakukan olahraga setiap pagi, agar Anda dapat menghirup udara segar dan paru-paru bekerja lebih baik. 

6. Dagu

Arti letak jerawat di dagu bisa juga menandakan hormon Anda sedang tidak seimbang atau siklus menstruasi Anda sedang kurang baik.

Cara menghilangkan jerawat di area ini cukup mudah, Anda hanya perlu memastikan setiap hari Anda beristirahat cukup dan menghindari stres.

Sekarang Anda sudah tahu arti letak jerawat dan penyebabnya, jerawat ternyata bisa memberikan tanda-tanda terhadap kondisi kesehatan.

Oleh karena itu, jaga kebersihan dan lakukan pola hidup sehat. Anda juga dapat berkonsultasi dengan dokter mengenai jerawat yang sedang dialami agar mendapatkan penanganan yang lebih baik. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News