Bugar

Pahami Makanan Penyebab Bau Mulut dan Cara Mengatasinya di Sini

Pahami Makanan Penyebab Bau Mulut dan Cara Mengatasinya di Sini

MOMSMONEY.ID - Bikin tidak percaya diri, inilah makanan penyebab bau mulut dan cara mengatasinya dengan benar. 

Setiap hari Anda banyak mengonsumsi makanan, tak jarang ada beberapa makanan yang memberikan aroma tidak enak setelah memakannya. 

Agar bisa berhati-hati saat menyantap makanan favorit Anda, kenali beberapa makanan penyebab bau mulut dan cara mengatasinya, dilansir dari tanyapepsodent.com, yaitu: 

1. Bawang putih dan bawang bombay

Makanan penyebab bau mulut pertama adalah bawang putih dan bawang bombay. Aroma bawang putih dan bawang bombay bisa bertahan lama setelah Anda mengonsumsinya.

Selain tertinggal di mulut, senyawa sulfur dari bawang akan diserap oleh aliran darah dan baunya bisa keluar lagi lewat nafas dan pori-pori kulit.

Cara pertama mengatasi bau mulut dengan menyikat gigi dengan baik dan benar setiap pagi dan malam disertai dengan berkumur dengan mouthwash.

Ternyata bawang memiliki senyawa sulfur yang sudah diserap darah saat kita memakannya. Oleh karena itu, Anda bisa mencoba cara menghilangkan bau bawang di mulut dan dari dalam tubuh, yaitu: 

  • Apel. Sebuah penelitian menyatakan bahwa mengonsumsi buah apel utuh dapat menghilangkan bau bawang putih di mulut dan keringat.
  • Daun mint. Mint mengandung senyawa fenol yang juga bisa menghilangkan bau bawang putih di mulut dan tubuh. 
  • Daun selada mentah.

Baca Juga: Bikin Awet Muda, Simak 5 Manfaat Tidur yang Cukup untuk Kecantikan Kulit

2. Efek bau jengkol

Makanan penyebab bau mulut selanjutnya adalah jengkol. Sudah tidak asing lagi kalau jengkol adalah salah satu makanan penyebab bau mulut yang paling terkenal, terutama di Indonesia di mana jengkol merupakan bahan makanan yang umum.

Seperti bawang, aroma jengkol yang sangat khas ini juga disebabkan oleh senyawa sulfur. Jika Anda penggemar jengkol dan ingin tahu cara menghilangkan bau jengkol di mulut, berikut cara mengatasinya:

  • Konsumsi jengkol yang sudah diolah lebih dulu, misalnya dengan direbus dulu. Perlakuan ini dapat mengurangi kandungan sulfur dalam jengkol yang menyebabkan bau napas.4
  • Minum susu. Salah satu cara menghilangkan bau jengkol di mulut adalah minum susu dengan kandungan lemak yang tinggi, karena lemak dapat menetralisir bau.5
  • Apel dan daun mint. Makanan ini juga baik digunakan sebagai cara menghilangkan bau mulut setelah makan jengkol dengan alasan yang sama seperti mereka mampu menetralisir bau bawang. Simak juga artikel kami tentang macam-macam buah yang tak baik untuk gigi.

Baca Juga: Promo Traveloka Travel Fair hingga 4 Juni 2023, Diskon Rental Mobil Rp 100.000

3. Aroma petai di mulut

Terakhir, makanan penyebab bau mulut adalah petai. Sama dengan jengkol, petai juga merupakan bahan makanan khas Indonesia yang sangat digemari.

Namun, meskipun rasanya lezat, petai meninggalkan aroma tak sedap di mulut. Cara menghilangkan bau petai di mulut sama dengan cara menghilangkan bau jengkol.

Jadi, sekarang Anda sudah tahu beberapa makanan penyebab bau mulut dan cara mengatasinya. Selain makanan-makanan di atas, ada lagi minuman dan makanan yang menyebabkan bau mulut, seperti kopi dan alkohol, yang menyebabkan mulut kering dan akhirnya menimbulkan bau mulut. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News