Keluarga

Ini lo Alasan Penting Menata Pencahayaan di Rumah

Ini lo Alasan Penting Menata Pencahayaan di Rumah

MOMSMONEY.ID - Rumah yang gelap hanya akan memberikan perasaan yang negatif. Sehingga, menata pencahayaan dengan tepat jadi hal yang krusial untuk Anda lakukan di rumah.

Melansir Decor Tips, lampu memainkan peranan penting dalam dekorasi rumah. Menggunakan lampu atau pencahayaan akan membuat ruangan gelap terasa lebih hangat. Lampu juga akan membuat rumah Anda menjadi terasa lebih luas. 

Membuat rumah terasa luas mungkin hal yang mudah di rumah yang besar atau apartment. Namun, saat ini Anda tak perlu tinggal di rumah yang luas untuk mendapatkan pencahayaan yang bagus. 

Baca Juga: Begini Lo Cara Mendekorasi Ulang Rumah Anda Memakai Warna Coklat Sebelum memahami alasan penting menata pencahayaan di rumah, Anda perlu tahu jenis-jenis lampu. Ada tiga jenis lampu, berikut penjelasannya:

  • Lampu umum: merupakan lampu utama sebagai sumber utama pencahayaan di rumah. 
  • Lampu tugas: sesuai namanya, lampu ini digunakan untuk kebutuhan khusus sepertu membaca atau menulis, serta tidur. 
  • Lampu aksen: merupakan jenis lampu dengan fungsi dekoratif. Lampu ini biasanya digunakan untuk menerangi furnitur, lukisan atau tanaman. 

Pentingnya menata pencahayaan di rumah

1. Memberikan efek memperluas rumah

Penataaan cahaya yang tepat bisa memberikan efek memperluas ruangan. Penataan cahaya bisa menegaskan atau mendistraksi dari dekorasi lainnya, namun tujuannya tetap membuat suasana lebih menyenangkan. 

Anda bisa menggunakan warna lampu cerah seperti putih sebagai lampu utama. Terutama, untuk di ruang yang memiliki banyak aktivitas untuk memberi kesan ruangan yang lebih luas. 

Baca Juga: Ini lo Warna Netral yang Cocok untuk Menggantikan Warna Cat Dinding Putih

2. Memberikan efek kedalaman

Alasan penting menata pencahayaan di rumah selanjutnya adalah memberi efek kedalaman di rumah Anda. Tapi, Anda harus mendistribusikan objek, furnitur dan sumber cahaya dengan tepat.

Tips yang bisa Anda lakukan adalah menggunakan jenis lampu yang berbeda tergantung pada ruangannya. Gunakan lampu berwarna putih untuk dapur dan kamar mandi. Kemudian, gunakan lampu kuning yang lebih hangat untuk seluruh rumah. 

Anda juga bisa mengecat bingkai pintu dengan warna terang. Ini akan membantu Anda mendapatkan efek cerah. 

3. Anda bisa mendapatkan area baru

Alasan penting lainnya untuk menata pencahayaan adalah, dengan pencahayaan yang bagus memungkinkan Anda menciptakan area baru. Misalnya, menciptakan ruang bermain anak dan ruang bekerja. 

Semakin cerah dinding Anda, semakin besar rasanya rumah yang Ana tempati. Untuk membantu membuat rumah Anda semakin terasa luas, letakkan cermin untuk memantulkan cahaya. 

Baca Juga: Sebelum Jual Rumah, Yuk Ikuti 10 Aturan Feng Shui Ini Supaya Cepat Laku

4. Memberikan efek hangat

Cahaya alami bisa membuat Anda merasa hangat. Tapi, cahaya alami dari matahari tentu akan hilang saat cuaca mendung atau hari menjelang malam. 

Anda tetap bisa menciptakan perasaan hangat di rumah dengan penataan cahaya yang tepat. Letakkan lampu atau lilin di lokasi yang strategis akan membuat ruangan lebih cerah dan terasa lebih intim.

Tak ada yang lebih baik ketimbang bersantai di sofa dengan cahaya hangat di malam hari. 

5. Penataan cahaya mempengaruhi suasana hati

Alasan penting terakhir kenapa Anda harus menata pencahayaan yang tepat, karena cahaya dapat memengaruhi suasana hati. Kebanyakan orang tidak menyadari besarnya pengaruh pencahayaan.

Padahal, ada penelitian yang menyebutkan, tingkat depresi lebih tinggi terjadi di negara yang hanya mendapatkan sedikit cahaya Matahari. 

Jadi, menata ulang pencahayaan di rumah Anda akan mengubah total tampilan ruangan Anda. Ini juga akan memberikan efek dekorasi baru di rumah.

Ketahui bahwa rumah yang hangat dengan pencahayaan yang apik akan membuat hari terasa lebih menyenangkan. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News