HOME, Keluarga

Ini Dia Keuntungan Tinggal di Rumah Kecil, Tak Perlu Minder!

Ini Dia Keuntungan Tinggal di Rumah Kecil, Tak Perlu Minder!

MOMSMONEY.ID - Tinggal di rumah yang besar dan luas tentu sudah menjadi impian banyak orang. Apakah Anda salah satunya?

Walaupun begitu, pada kenyataannya masih banyak orang yang harus puas dengan rumah berukuran kecil. Bahkan, tak jarang ukuran rumah yang kecil ini membuat penghuninya minder atau tidak percaya diri.

Jika ditelusuri lebih jauh, ternyata tinggal di rumah berukuran kecil juga memiliki sederet keuntungan, lo. Jadi, Anda tak perlu merasa minder hanya karena menempati rumah kecil.

Baca Juga: 10 Tips Mudah Memaksimalkan Pencahayaan di Rumah yang Suram, Yuk Coba!

Kira-kira, apa saja keuntungan yang dimaksud? Yuk, simak penjelasannya berikut ini!

Menghemat energi

Keuntungan pertama yang Anda dapatkan dari rumah kecil adalah penggunaan energi yang jauh lebih hemat, terutama energi listrik.

Mengapa begitu? Dilansir dari Money Crashers, rumah kecil memiliki luas lahan dan bangunan yang kecil pula, sehingga dapat meminimalkan penggunaan peralatan listrik. Jika peralatan listrik yang digunakan lebih sedikit, tentu biaya listriknya juga akan lebih rendah dan hemat.

Mudah dibersihkan

Di samping luas bangunan, rumah kecil biasanya memiliki jumlah ruangan yang terbatas. Hal ini tentu menguntungkan, sebab area rumah yang harus dibersihkan otomatis jauh lebih kecil dibandingkan rumah besar.

Jadi, Anda dapat membersihkan seisi rumah dengan lebih teliti dan efisien tanpa perlu khawatir mengeluarkan banyak tenaga. Kegiatan bersih-bersih rumah pun akan terasa lebih ringan.

Baca Juga: 3 Tips Menggunakan Warna Putih ala Feng Shui, Bikin Rumah Cerah!

Lebih dekat dengan keluarga

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, rumah kecil memiliki jumlah ruangan dan luas bangunan yang terbatas.

Dikutip dari Houzz, Anda akan “dipaksa” untuk sering-sering berinteraksi dengan penghuni rumah lainnya, misalnya anggota keluarga Anda. Hal ini tentu akan membantu Anda supaya lebih dekat dengan anggota keluarga lainnya, sehingga hubungan antaranggota keluarga akan lebih hangat.

Baca Juga: 5 Tanaman Berbunga yang Dipercaya Bawa Hoki ala Feng Shui

Biaya lebih murah

Karena memiliki luas lahan dan bangunan yang terbatas, harga beli rumah kecil tentu akan cenderung lebih terjangkau dibandingkan dengan rumah besar.

Selain itu, biaya hidup di rumah kecil juga akan cenderung lebih murah. Melansir Becoming Minimalist, ada banyak sekali biaya yang dapat dihemat di rumah kecil, seperti asuransi, pajak, hingga listrik.

Membiasakan hidup minimalis

Jika Anda ingin menjalankan gaya hidup minimalis, maka tinggal di rumah kecil adalah langkah yang tepat. Sebab, rumah kecil tidak didesain untuk menampung banyak barang karena luas ruangannya yang terbatas.

Oleh karena itu, Anda akan dituntut untuk menata interior rumah secara lebih efektif dengan barang sesedikit mungkin. Hal ini akan membantu Anda membiasakan diri menjalani hidup yang minimalis. Rumah Anda pun akan ikut terlihat minimalis sehingga nyaman ditempati.

Itulah beberapa keuntungan yang bisa Anda dapatkan jika tinggal di rumah kecil. Bagaimana, tinggal di rumah kecil tidak selamanya sulit, kan?

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News