HOME, AturUang

Ini Cara Shahnaz Haque Rayakan Idul Fitri Bersama Keluarga

Ini Cara Shahnaz Haque Rayakan Idul Fitri Bersama Keluarga

MOMSMONEY.ID - Masyarakat Indonesia selalu antusias dalam menyambut Hari Raya Idul Fitri atau Lebaran. Sebagai negara dengan mayoritas penganut muslim terbesar di Asia Tenggara seperti yang diutarakan DataIndonesia.id tak heran jika Idul Fitri menjadi hari raya penting yang dirayakan di Indonesia. 

Banyak hal yang dipersiapkan untuk menyambut lebaran, diantaranya membeli baju dan perabotan baru, belanja kue lebaran, membersihkan dan menghias rumah untuk menyambut keluarga atau kerabat yang berkunjung, hingga menyiapkan uang tunjangan untuk dibagikan kepada anak maupun sanak saudara. 

Hal ini juga dilakukan Shahnaz Haque, seorang publik figur yang dikenal sebagai sosok yang sering berbagi tips tentang parenting dan edukasi keluarga. Di tengah aktivitasnya sebagai publik figur, Ia selalu menyempatkan waktu untuk mempersiapkan segala sesuatu untuk keluarganya menjelang Lebaran.  

Baca Juga: Cari Tahu Yuk, Ini 5 Festival Konser Bergengsi di Dunia!

Berikut ragam kegiatan yang dilakukan Shahnaz sebagai referensi anda

1. Menyiapkan dana bersedekah dan membayar zakat fitrah

Setiap tahunnya Shahnaz selalu memberikan dana bersedekah dan membayar zakat fitrah. Bagi Shahnaz, hal tersebut merupakan tradisi yang perlu Ia bangun dengan jiwa sosial dan kepatuhan terhadap ajaran agama kepada ketiga anaknya untuk mulai bersedekah dari kecil agar terbiasa hingga mereka dewasa kelak.

2. Transfer uang THR untuk anak di luar negeri

Tradisi yang tak lekang oleh waktu ketika menjelang hari raya Lebaran adalah membagikan Tunjangan Hari Raya (THR). Menjelang Lebaran, Shahnaz selalu menyiapkan uang untuk memberikan THR bagi ketiga anaknya. Tak terkecuali Pruistin, salah satu anak Shahnaz yang sedang mengenyam pendidikan di luar negeri, tepatnya di Burnaby, Kanada. 

Baca Juga: Mau Mudik Lebaran Pakai Motor? Ini 6 Tipsnya

Untuk transfer uang ke luar negeri, Shahnaz dipermudah dengan layanan Wise yang dianggap lebih murah, mudah dan transparan. Pasalnya, ketika transfer uang ke luar negeri menggunakan bank, Shahnaz mengalami beberapa kendala seperti, biaya transfer yang mahal, lamanya waktu uang itu sampai ke negara tujuan dan proses yang membingungkan. 

“Sebelum menggunakan Wise, saya menggunakan bank untuk transfer uang ke luar negeri. Tapi saya selalu merasa khawatir karena seringkali saya tidak tahu kapan uang itu akan sampai, dan bahkan kalau gagal biaya pengirimannya akan hangus," ungkap Shahnas.

Dengan layanan Wise dirinya mengaku merasa lebih nyaman karena data yang diberikan sangat jelas, mulai dari jumlah uang yang terkirim dalam Rupiah hingga kapan dan berapa yang diterima oleh putrinya dalam mata uang Kanada. "Menariknya lagi, biaya transfer dan nilai tukarnya juga tercantum jelas, sehingga mudah untuk dihitung. Semua proses dilakukan secara digital dimana saya tidak perlu pergi ke bank” jelas Shahnaz Haque.

Baca Juga: Pahami 4 Manfaat Tidur Cukup untuk Kecantikan Kulit, Mulai Terapkan Yuk!

3. Bersilaturahmi dengan keluarga 

Sudah 5 tahun ini, formasi keluarga Shahnaz tidak pernah lengkap saat merayakan Lebaran. Lantaran Pruistin Ramadhan, putri sulung Shahnaz yang sudah cukup lama tinggal di luar negeri untuk menimba ilmu, terpisah jauh dari keluarga.

Namun jarak bukanlah penghalang dalam bersilaturahmi. Dengan adanya kemajuan teknologi kini cara bersilaturahmi dapat dilakukan secara virtual, termasuk ketika pengajian di bulan Ramadhan bersama keluarga besar Shahnaz dan suami. 

“Di Indonesia pasti Lebarannya lebih dulu karena perbedaan waktu antara Indonesia dengan Kanada terpaut 15 jam lebih cepat. Jadi kalau di tanah air sudah selesai sholat Ied, Pruistin, anak kami yang merantau akan ikut berlebaran. Walau Pru masih berpuasa di negaranya, biasanya kami akan makan ketupat bersama secara virtual selama 2 hari, agar mengikuti waktu untuk merayakan di negara masing-masing,” kata Shahnaz lebih lanjut.

Baca Juga: Yuk, Simak Cara Membayar Tagihan IndiHome di DANA

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News