HOME, Keluarga

Mau Mudik Lebaran Pakai Motor? Ini 6 Tipsnya

Mau Mudik Lebaran Pakai Motor? Ini 6 Tipsnya

MOMSMONEY.ID - Salah satu pilihan transportasi favorit banyak orang untuk mudik lebaran adalah sepeda motor. Hal ini lantaran mudik menggunakan motor dinilai lebih hemat dan praktis.

Jika tahun ini Anda berniat untuk melakukan mudik lebaran dengan mengendarai sepeda motor, pastikan Anda mempersiapkan mental sekaligus menjaga kondisi tubuh Anda tetap fit dengan tidur yang cukup dan makan makanan bergizi sebelum berangkat mudik.

Setelah itu, simak dan terapkan 6 tips yang dilansir dari laman Wahanahonda.com dan Suzuki Indonesia ini untuk membantu melancarkan perjalanan Anda selama mudik menggunakan sepeda motor. Yuk, simak!

Baca Juga: Tinggal di Rumah Kecil? Hal-Hal Ini Wajib Ada, Yuk Simak!

1. Cek kondisi motor dengan teliti

Sebelum memulai perjalanan mudik, selalu ingat untuk mengecek kondisi motor kesayangan Anda dengan teliti. Ini dilakukan demi keamanan dan kenyamanan Anda selama berkendara nantinya.

Luangkan waktu Anda untuk memeriksa secara detail sistem pengereman, lampu, dan kelengkapan spion motor Anda sebelum meluncur ke kampung halaman. Periksa juga bagian mesin termasuk bagian fisik motor, kondisi oli, dan minyak.

Untuk memastikan kondisi motor Anda benar-benar prima, Anda dapat mempertimbangkan untuk melakukan pengecekan di bengkel terdekat.

2. Jangan bawa muatan berlebih

Mungkin, Anda sering melihat para pemudik yang membuat bagasi ekstra di bagian belakang motornya dengan papan kayu untuk digunakan membawa barang.

Sebenarnya, hal tersebut sangat tidak disarankan karena bisa mengganggu keseimbangan saat mengendarai motor. Jadi, usahakan untuk membawa muatan secukupnya dan tinggalkan barang-barang yang sekiranya tidak terlalu penting atau bisa dilengkapi di tempat tujuan mudik.

3. Tentukan waktu keberangkatan yang tepat

Sebisa mungkin, hindari perjalanan di malam hari apalagi jika Anda harus melewati jalur yang sepi dan jarang dilalui kendaraan. Selain kurang aman, jalur yang sepi juga cenderung merepotkan jikalau sewaktu-waktu motor Anda bermasalah di tengah perjalanan.

Sebaiknya, berangkatlah pada pagi hari yang mana energi masih full, udara masih terasa segar, dan sinar matahari belum terasa menyengat pada waktu ini. Atau, Anda bisa mempertimbangkan untuk memulai perjalanan setelah sahur.

4. Pilih jalur mudik terbaik

Setelah menentukan waktu keberangkatan yang tepat, Anda juga perlu memilih jalur mudik yang terbaik dari yang terbaik demi melancarkan perjalanan mudik Anda.

Carilah informasi yang akurat terlebih dahulu terkait jalur mudik yang hendak Anda pilih termasuk kondisi jalannya, ketersediaan SPBU dan tempat makan di sepanjang jalan, dan lain sebagainya.

5. Sebaiknya tidak membawa anak kecil

Jika Anda memiliki anak yang masih berusia di bawah 3 tahun, sebaiknya tidak Anda ajak untuk mudik menggunakan sepeda motor.

Pasalnya, terlalu lama duduk di motor dapat membuat anak merasa tidak nyaman. Tak sampai di situ, anak yang masih kecil juga lebih rentan terhadap gangguan kesehatan akibat paparan polusi dan cuaca yang tidak menentu seperti kelelahan, masuk angin, gangguan pernapasan, dan lain-lain.

6. Istirahat yang cukup

Mudik menggunakan motor dapat membuat jarak tempuh semakin lama. Oleh karena itu, istirahat yang cukup sangat dibutuhkan apapun itu alasannya.

Idealnya, para pemudik motor harus beristirahat setiap 3-4 jam. Saat waktu istirahat tiba, pastikan Anda menyempatkan diri untuk tidur supaya tubuh Anda dapat mengisi ulang energi dengan maksimal.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News