Bugar

Ini Cara Menjaga Kesehatan Sperma agar Kualitasnya Tetap Tokcer

Ini Cara Menjaga Kesehatan Sperma agar Kualitasnya Tetap Tokcer

MOMSMONEY.ID - Ada berbagai cara meningkatkan kualitas sperma untuk memperbaiki kondisi kesuburan. Hal ini diperlukan ketika Anda sedang melakukan program hamil.

Umumnya cara tersebut berkaitan dengan menerapkan gaya hidup yang lebih sehat serta meninggalkan kebiasaan lama. 

Selain itu, untuk meningkatkan peluang terjadinya kehamilan pada pasangan, sperma harus dalam keadaan sehat dan berkualitas agar proses pembuahan sel telur dapat berjalan lancar.

Baca Juga: Luar Biasa, Ini 5 Manfaat Jeruk Kasturi untuk Kesehatan Tubuh

Nah, ada beragam cara yang dapat Anda lakukan untuk menjaga kesehatan sperma agar tetap berkualitas seperti dilansir dari Women's Health berikut ini: 

Menjaga asupan nutrisi

Cara menjaga kesehatan sperma yang pertama adalah dengan menjaga asupan makanan sehat dan bergizi setiap harinya. Konsumsi minimal 5 porsi buah dan sayur berbeda setiap harinya.

Selain itu, berbagai jenis makanan yang mengandung karbohidrat kompleks, seperti gandum, kentang, beras merah, dan sereal juga dapat menyehatkan sperma Anda.

Selain karbohidrat kompleks, makanan-makanan tersebut juga mengandung serat, vitamin, dan mineral yang dapat meningkatkan kualitas sperma.

Mengonsumsi vitamin dan mineral

Beberapa vitamin dan mineral yang diperoleh dari makanan atau suplemen  juga berperan penting dalam membantu meningkatkan kualitas sperma, salah satunya adalah zincdan vitamin D.

Zinc dan vitamin D mampu meningkatkan jumlah dan memperbaiki pergerakan sperma. Beberapa makanan yang mengandung zinc, antara lain daging, kerang, olahan susu, roti, dan sereal. 

Sedangkan, vitamin D dapat diperoleh dari sinar matahari, ikan, daging merah, hati, dan kuning telur.

Baca Juga: Cari Tahu Yuk! Ini 5 Manfaat Tanaman Kumis Kucing

Melakukan olahraga secara teratur

Olahraga sesekali rupanya belum cukup untuk membantu Anda menjaga kesehatan sperma. Anda harus rutin melakukan olahraga, bukan hanya sesekali. Sebagai contoh, cukup berolahraga dua hingga tiga kali dalam seminggu.

Hindari stres untuk meningkatkan kualitas sperma

Cara lain yang bisa Anda lakukan untuk menjaga kesehatan sperma adalah mengurangi stres. Anda juga disarankan untuk menjauhi hal-hal yang menjadi pemicu stres.

Jurnal berjudul Nature Reviews Urology menyatakan bahwa stres memengaruhi kesuburan. Hal ini karena dapat mengurangi kepuasan terhadap hubungan seks yang dilakukan.

Untuk mengevaluasi kondisi kesuburan Anda, dokter kandungan juga mungkin akan menganjurkan Anda untuk menjalani pemeriksaan kesuburan dengan dokter andrologi di rumah sakit.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News