Bugar

Luar Biasa, Ini 5 Manfaat Jeruk Kasturi untuk Kesehatan Tubuh

Luar Biasa, Ini 5 Manfaat Jeruk Kasturi untuk Kesehatan Tubuh

MOMSMONEY.ID - Jeruk kasturi atau jeruk kalamansi adalah jenis jeruk yang banyak tumbuh di Tiongkok dan Filipina. Namun, jeruk kasturi kini juga telah dibudidayakan di Indonesia.

Meski memiliki ukuran yang relatif kecil, jeruk kasturi ternyata memiliki manfaat yang besar bagi tubuh. Manfaat ini berasal dari beragam nutrisi yang terkandung di dalamnya. 

Dilansir dari Mayo Clinic, berikut ini adalah beberapa manfaat dari jeruk kasturi untuk kesehatan tubuh yang perlu Anda ketahui, antara lain: 

Baca Juga: Sariawan Tak Kunjung Sembuh? Coba Konsumsi 5 Buah ini untuk Mengobati Sariawan

Membersihkan saluran pernapasan

Manfaat jeruk kasturi yang pertama bisa membersihkan saluran pernapasan. Jeruk kasturi sudah digunakan sejak lama sebagai salah satu pengobatan tradisional untuk mengatasi batuk.

Hal ini pun dibuktikan oleh beberapa riset yang menyebutkan bahwa air jeruk kasturi dapat mengencerkan dahak, sehingga lebih mudah dikeluarkan dari tenggorokan.

Memperkuat sistem imun tubuh

Manfaat jeruk kasturi yang kedua adalah memperkuat sistem imun tubuh. Kandungan vitamin C dan antioksidan dalam buah ini mampu meningkatkan kekebalan tubuh.

Kedua asupan tersebut bekerja dengan membunuh patogen penyebab penyakit, seperti virus, kuman, bakteri dan parasit.

Antioksidan di dalam buah jeruk juga berfungsi untuk menangkal radikal bebas yang masuk ke dalam tubuh akibat polusi, radiasi sinar UV, obat-obatan, pestisida dan bahan kimia. 

Mengurangi kolesterol

Beberapa penelitian membuktikan bahwa jeruk kasturi dapat menurunkan kadar kolesterol. Ini dikarenakan jeruk kasturi mengandung serat dan antioksidan.

Dengan terkontrolnya kadar kolesterol, risiko terkena sejumlah penyakit, seperti aterosklerosis, serangan jantung, dan stroke, juga akan berkurang.

Baca Juga: Cari Tahu Yuk! Ini Manfaat Jeruk Nipis untuk Kesehatan Tubuh

Merangsang pembentukan kolagen

Manfaat jeruk kasturi yang selanjutnya adalah merangsang pembentukan kolagen. Kolagen adalah jenis protein berserat tidak larut yang jumlahnya paling banyak di dalam tubuh.

Zat ini memiliki fungsi penting, seperti menjaga elastisitas kulit, memudarkan kerutan dan mempercepat proses penyembuhan luka.

Mencegah pembentukan batu ginjal

Jeruk kasturi mengandung asam sitrat yang bersifat antioksidan. Selain itu, zat ini juga diketahui dapat mencegah terbentuknya endapan mineral kalsium di saluran kemih, sehingga baik untuk mencegah terbentuknya batu ginjal.

Meski demikian, selain dengan mengonsumsi jeruk kasturi, Anda juga perlu mencegah batu ginjal dengan cara lain, misalnya banyak minum air putih dan tidak sering menahan buang air kecil.

Itulah manfaat buah jeruk kasturi untuk kesehatan tubuh. Jika Anda mengalami keluhan atau reaksi alergi setelah mengonsumsinya, disarankan untuk segera membuat janji medis untuk melakukan pemeriksaan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News