Bugar

Cari Tahu Yuk! Ini Manfaat Jeruk Nipis untuk Kesehatan Tubuh

Cari Tahu Yuk! Ini Manfaat Jeruk Nipis untuk Kesehatan Tubuh

MOMSMONEY.ID - Jeruk Nipis memiliki cita rasa masam yang biasa dijadikan sebagai pelengkap sekaligus penambah cita rasa pada berbagai makanan, seperti soto lamongan dan mie kocok. 

Air perasannya juga tidak jarang dijadikan sebagai penghilang amis pada ikan. Jeruk nipis memiliki bentuk lebih bulat daripada lemon yang sedikit oval dengan ujung yang sedikit mencuat.

Jeruk nipis berwarna hijau terang, sementara lemon berwarna kuning cerah. Meski warna buah jeruk nipis bisa menguning, biasanya orang-orang cenderung memanfaatkan saat masih hijau.

Baca Juga: Tidak Hanya Nikmat, Ini Manfaat Blueberry untuk Kesehatan dan Kecantikan

Anda akan rugi jika tidak merasakan manfaat jeruk nipis untuk kesehatan. Dilansir dari Mayo Clinic, berikut manfaat yang bisa dirasakan dari jeruk nipis, antara lain: 

Membantu menurunkan berat badan

Salah satu kandungan jeruk nipis yang disebut asam sitrat baik untuk meningkatkan metabolisme tubuh Anda. Dengan begitu, tubuh akan mampu membakar lebih banyak kalori.

Dapatkan manfaat minum air jeruk nipis ini dengan mengonsumsi segelas air jeruk nipis di pagi hari atau menghisap potongan jeruk nipis sebelum makan. 

Mencegah dehidrasi

Campuran air dan perasan sari buah jeruk nipis ini memiliki manfaat untuk mencegah dehidrasi. Rasa asam dan segar membuat Anda minum lebih banyak ketimbang minum air putih biasa yang hambar. 

Namun, umumnya minuman sari jeruk nipis yang sering Anda pesan di restoran atau rumah makan, mengandung tambahan gula. 

Jadi, jangan terlalu banyak minuman jenis ini. Lebih baik Anda membuatnya sendiri sehingga takaran gula bisa dikurangi atau diganti dengan madu. 

Mengurangi risiko penyakit jantung

Manfaat jeruk nipis selanjutnya adalah mampu mengurangi terjadinya risiko penyakit jantung. Jeruk nipis mengandung sumber magnesium dan kalium yang bisa menjaga kesehatan jantung. 

Kandungan kalium yang terdapat di dalamnya, mampu menurunkan tekanan darah secara alami dan melancarkan sirkulasi darah, sehingga membantu mengurangi risiko serangan jantung.

Baca Juga: Tidak Diragukan Lagi, Ini Manfaat Temulawak yang Baik untuk Kesehatan

Meningkatkan daya tahan tubuh

Jeruk nipis kaya akan kandungan vitamin C, yang baik untuk meningkatkan daya tahan tubuh dan menangkal radikal bebas. Tidak hanya itu. Vitamin C juga dapat mempercepat proses penyembuhan luka. 

Menjaga kadar gula darah

Kandungan vitamin C dalam jeruk nipis juga sangat bermanfaat bagi penderita diabetes. Orang dengan kondisi ini sangat diharuskan menjaga kadar gulanya tetap normal. 

Nah, jeruk nipis memiliki kadar gula yang rendah, sehingga bisa mengurangi penyerapan gula ke dalam darah. Alhasil, kadar gula darah di dalam tubuh Anda pun dapat lebih terjaga. 

Jangan ragu untuk merasakan manfaat jeruk nipis bagi kesehatan Anda. Namun, tetaplah berhati-hati terhadap efek samping yang mungkin muncul.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News