Bugar

Cari Tahu Yuk! Ini 5 Manfaat Tanaman Kumis Kucing

Cari Tahu Yuk! Ini 5 Manfaat Tanaman Kumis Kucing

MOMSMONEY.ID - Tanaman kumis kucing adalah salah satu tanaman obat yang sudah lama digunakan oleh masyarakat Indonesia.

Manfaat tanaman kumis kucing yang paling umum adalah mengobati asam urat dan diabetes. Selain itu, masih ada manfaat lain yang juga perlu Anda ketahui.

Manfaatnya tersebut berasal dari berbagai kandungan senyawa alami di dalamnya yang meliputi flavonoid, triterpenoid, fenolik, sinensetin, eupatorin, glikosida, dan saponin.

Baca Juga: Jarang Diketahui, Ini Manfaat Daun Meniran untuk Kesehatan

Berkat kandungannya tersebut, ada beragam manfaat tanaman kumis kucing bagi kesehatan. Dilansir dari Mayo Clinic, berikut ini adalah beberapa manfaatnya, antara lain: 

Membantu masalah pernapasan

Manfaat tanaman kumis kucing yang pertama bisa membantu masalah pernapasan yang kerap terjadi seperti asma dan batuk.

Terkadang, supaya hasilnya lebih maksimal, tanaman ini juga dicampur dengan tanaman herbal lain yang juga bermanfaat untuk mengatasi masalah pernapasan. 

Mengatasi rematik

Tanaman kumis kucing juga dipercaya bermanfaat sebagai obat rematik alami, terutama pada penderita rheumatoid arthritis.

Penyakit ini disebabkan oleh kondisi autoimun atau sistem kekebalan tubuh yang menyerang sel atau jaringan sehat.

Menurunkan tekanan darah tinggi

Manfaat tanaman kumis kucing yang selanjutnya adalah menurunkan tekanan darah tinggi. Kandungan dalam tanaman ini membantu mengurangi tingkat tekanan darah.

Tindakan anti-oksidan dan anti-inflamasi pada kandungan methylripariochromene dari tanaman inilah yang membantu menurunkan tekanan darah.  

Baca Juga: Inilah 5 Manfaat Daun Pandan, Salah Satunya Bisa Menurunkan Darah Tinggi

Mengatasi masalah menstruasi

Wanita yang sering mengalami masalah menstuasi juga bisa mendapatkan manfaat dari tanaman kumis kucing.

Rutin mengonsumsi ekstrak tanaman kumis kucing diketahui bisa menurunkan kadar prostaglandin sehingga bisa mengurangi nyeri menstruasi dan pendarahan berlebih saat menstruasi.

Mengobati masalah saraf yang menyebabkan napas pendek

Tanaman kumis kucing dapat mengobati masalah napas pendek terkait saraf. Sebelum mengonsumsi ramuan ini, dosisnya harus diperiksa dengan cermat sebelum dikonsumsi.

Sebab, overdosis mungkin memiliki beberapa efek berbahaya bagi tubuh. 

Bila perlu, konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter guna memastikan keamanannya, terutama bagi Anda yang ingin memanfaatkan tanaman kumis kucing sebagai pengobatan untuk penyakit yang sedang diderita.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News