Bugar

Jarang Diketahui, Ini Manfaat Daun Meniran untuk Kesehatan

Jarang Diketahui, Ini Manfaat Daun Meniran untuk Kesehatan

MOMSMONEY.ID - Daun meniran menjadi salah satu tanaman herbal yang dipercaya memiliki manfaat. Mulai dari mengatasi batu saluran kemih hingga mengurangi peradangan tubuh.

Hal ini karena daun meniran atau yang memiliki nama ilmiah Phyllanthus ini mengandung berbagai nutrisi di dalamnya.

Untuk itu, tidak ada salahnya ketahui lebih banyak berbagai kandungan yang ada di dalam daun meniran dan manfaatnya bagi kesehatan. 

Dilansir dari Web MD, inilah beberapa manfaat daun meniran untuk kesehatan tubuh yang bisa Anda rasakan, antara lain: 

Baca Juga: Inilah 5 Manfaat Daun Pandan, Salah Satunya Bisa Menurunkan Darah Tinggi

Menyembuhkan encok

Manfaat daun meniran yang pertama adalah membantu menyeimbangkan kadar asam urat sehingga tidak menumpuk di dalam darah.

Dengan begitu, daun ini bisa bantu mencegah serangan asam urat. Penelitian pada hewan juga menunjukkan suplemen daun meniran berpotensi menurunkan kadar asam urat pada manusia.

Menurunkan kadar gula dalam darah

Manfaat daun meniran yang kedua bisa membantu menurunkan kadar gula dalam darah jika dikonsumsi dengan tepat dan rutin untuk mendapatkan hasilnya. 

Selain menggunakan tanaman herbal ini, Anda juga perlu menjalankan pola makan sehat dan rutin berolahraga untuk merawat kadar gula dalam darah tetap stabil.

Menurunkan tekanan darah tinggi

Manfaat daun meniran yang selanjutnya adalah menurunkan tekanan darah tinggi. Tekanan darah tinggi berpotensi memicu penyakit lain seperti penyakit jantung dan stroke.

Ketika hipertensi sudah terdiagnosis, sebaiknya Anda perlu mengontrol asupan makanan sehari-hari agar tidak memicu darah tinggi.

Baca Juga: Jangan Disepelekan! Inilah Berbagai Manfaat Daun Sambiloto untuk Kesehatan

Mengatasi batu saluran kemih

Manfaat daun meniran yang keempat bisa mengatasi batu dalam saluran kemih. Daun meniran bisa membantu memecahkan atau mengecilkan ukuran batu yang terbentuk di saluran kemih.

Selain itu, daun meniran bisa Anda gunakan untuk mencegah munculnya batu saluran kemih secara berulang. 

Memperkuat Imunitas tubuh

Manfaat daun meniran yang tak kalah penting adalah dapat meningkatkan imunitas. Daun meniran bisa membangun imun dan sistem limfatik tubuh agar semakin kuat melawan bakteri atau virus.

Selain itu antioksidan di dalam meniran juga bisa membantu tubuh melawan penyakit dan radikal bebas.

Itulah beberapa manfaat daun meniran bagi kesehatan. Meskipun begitu, penelitian mengenai daun meniran masih terus dilakukan.

Sebaiknya jangan gunakan daun meniran sebagai pengobatan utama, dan tetap konsumsi obat yang diresepkan dokter untuk mengatasi gangguan kesehatan yang Anda rasakan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News