Ini Beberapa Penyebab Kenapa Hamster Peliharaan Suka Menggigit

Sumber: Petkeen
Kamis, 02 Desember 2021 | 11:32 WIB
Ini Beberapa Penyebab Kenapa Hamster Peliharaan Suka Menggigit

ILUSTRASI. Ini Beberapa Penyebab Kenapa Hamster Peliharaan Suka Menggigit

MOMSMONEY.ID - Hamster sebenarnya merupakan hewan pengerat yang aman untuk dipelihara. Namun, ada beberapa kasus hamster memiliki perilaku yang tidak ramah, contohnya menggigit. Perilaku ini sebenarnya bukan terjadi tanpa alasan loh, Mom.

Perlu diketahui bahwa ada beberapa penyebab kenapa hamster peliharaan Anda suka menggigit. Sebelum beralih untuk mengatasinya, sebaiknya Anda mengetahui dulu penyebab hamster peliharaan suka menggigit. Dilansir dari Petkeen.com, berikut 5 penyebabnya.

Baca Juga: Bolehkah Mencukur Bulu Hewan Peliharaan?

Merasa Terancam

Ketika hamster merasa terancam, mereka akan ketakutan dan akan mengembangkan perilaku defensif, yakni menggigit. Hamster yang merasa kesal juga akan menjadi agresif dan menggigit. Inilah kenapa Anda harus pandai-pandai menangani mereka.

Sebelum menyentuh atau membelainya, penting bagi Anda untuk melihat tatapan mereka. Jika hamster tampak ketakutan, sebaiknya Anda harus berhati-hati dan mencari cara agar mereka mau menghampiri Anda lebih dulu.

Anda Menyentuh Bagian yang Tak Disukai

Untuk pertama kalinya, hamster tentu tak akan keberatan untuk dipegang dan digendong di genggaman tangan Anda. Namun, bila Anda tak sengaja menyentuh bagian yang mereka tak suka, hamster tentu akan menyerang sebagai respon terkejut dan tidak sukanya.

Oleh karena itu, hindari mendekati hamster ketika dia sedang tidur atau membuat gerakan mendadak yang mengejutkannya. Selain itu, hindari juga untuk mengambil hamster dari bagian atasnya.

Hamster Anda Lapar

Secara kebetulan, Anda mengajak bermain hamster yang sedang lapar. Mereka mungkin akan menggigit Anda karena insting laparnya. Mengambil mereka saat mereka sedang makan juga berpotensi digigit loh, Mom. Jadi, biasakan untuk mengetahui jam makannya sebelum bermain, ya!

Baca Juga: Tertarik Anjing Pudel? Yuk, Kenali 5 Jenisnya!

Trauma Dipegang

Sama seperti hewan lainnya, hamster tentu saja juga memiliki trauma. Trauma ini bisa menjadi penyebab utama mereka menggigit saat dipegang. Trauma pada hamster bisa terjadi karena pernah jatuh dari tangan, stres akibat persaingan di dalam kandang, trauma pernah dikasari, dan sebagainya. Jika hamster Anda pada mulanya jinak, lalu menjadi agresif, bisa jadi itu karena ada trauma yang dialaminya. Anda harus berhati-hati menangani hamster yang sedang trauma dan tidak terlalu banyak menyentuhnya.

Mencium Bau yang Tak Dikenali

Hamster adalah hewan yang cukup waspada dan mereka memiliki penciuman yang cukup tajam. Maka penting bagi Anda untuk melakukan sesi perkenalan sebelum menyentuh dan menggendong hamster. Caranya dengan mendekatkan sebagian tangan Anda agar mereka mengenali aroma Anda. Jika sudah terbiasa, mereka akan jinak kepada Anda.

Sebaiknya Anda selalu mencuci tangan sebelum menyentuh mereka. Mencuci tangan sebelum menangani hamster dapat membantu menghilangkan aroma yang dapat mendorong gigitan (bau hewan lain atau makanan) dan membatasi penyebaran penyakit kepada hamster peliharaan.

Selanjutnya: Imbau tak ke luar negeri, pemerintah tambah masa karantina dari 7 hari jadi 10 hari

Editor: Anggi Miftasha
Terbaru