HOME, Keluarga

Tertarik Anjing Pudel? Yuk, Kenali 5 Jenisnya!

Tertarik Anjing Pudel? Yuk, Kenali 5 Jenisnya!

MOMSMONEY.ID - Jika Anda salah satu pecinta anjing, mendengar ras pudel tentu sudah tak asing lagi bagi Anda. Ras pudel sering ditempatkan sebagai salah satu anjing ras kecil yang cerdas. Meskipun mereka sangat umum dipelihara, ada beberapa jenis ras pudel yang sebenarnya jarang orang ketahui juga.

Namun, bila ditelusuri dari silsilahnya, pudel ras murni hanya ada tiga jenis pudel. Lainnya, ada dua kelas pudel lagi yakni pudel klein (moyen) dan pudel teacup. Akan tetapi, kedua ras ini belum diakui secara resmi sebagai klasifikasi pudel. Lebih jelasnya, dilansir dari Purelypetinsurance.co.uk, berikut jenis-jenis ras anjing pudel.

Baca Juga: Bolehkah Mencukur Bulu Hewan Peliharaan?

Pudel Standar

Pertama adalah anjing pudel standar. Pudel standar merupakan jenis yang berukuran paling besar dibanding jenis yang lain. Tinggi anjing pudel standar biasanya mencapai 45-60 cm. Untuk jantan, beratnya sekitar 20-32 kg, sedangkan betina beratnya sekitar 20-27 kg.

Umur pudel standar memiliki umur yang cukup panjang. Mereka memiliki harapan hidup rata-rata lebih dari 16 tahun. Tentu saja ini bergantung dengan tingkat dan kualitas perawatannya.

Pudel Miniatur

Pudel miniature memiliki ukuran yang lebih kecil daripada pudel standar. Itulah kenapa nama mereka mini. Anjing pudel mini rata-rata memiliki tinggi antara 28-38 cm dengan berat sekitar 7-8 kg.

Dibandingkan dengan jenis sebelumnya, pudel mini bisa hidup lebih panjang, yakni lebih dari 20 tahun. Mengenai sikapnya, pudel mini umumnya lebih energik dan aktif. Mereka sangat cocok dijadikan hewan peliharaan untuk anak-anak yang aktif.

Baca Juga: Begini Cara Atasi Anjing Peliharaan yang Suka Melolong dan Menggonggong

Toy Poodle

Toy poodle adalah jenis ras pudel yang paling kecil. Tingginya hanya sekitar 24-28 cm dengan berat maksimal 2,5 kg saja. Kendati demikian, harapan hidup toy poodle lebih rendah daripada lainnya yakni hanya 14-15 tahun.

Secara umum, toy poodle cukup ramah dengan pemiliknya, tetapi mereka cenderung cemas hingga agresif dengan orang asing, hewan lain, dan anak-anak. Anda mungkin harus ekstra hati-hati bila menanganinya dengan anak kecil.

Pudel Moyen/Sedang

Dilansir dari Poodlereport.com, pudel moyen juga disebut sebagai pudel sedang. Ukurannya lebih kecil dari standar, tetapi lebih besar dari pudel miniatur. Ukuran tingginya 35-45 cm dan beratnya 7-12 kg.

Pudel moyen memiliki temperamen yang ramah dan penuh kasih, sehingga menjadikannya anjing keluarga yang ideal. Namun, hati-hati dengan berbagai masalah kesehatannya karna anjing ini cukup rentan, terutama yang bersifat genetik.

Pudel Hibrida (Campuran)

Pudel hibrida merupakan jenis campuran pudel yang dihasilkan dari perkawinan silang dengan jenis ras anjing yang lain. Ada berbagai keturunan pudel dalam jenis ini. Namun, yang paling populer adalah cockapoo, jenis hibrida yang dibiakkan dengan menyilangkan pudel dari berbagai ukuran dengan cocker spaniel. Jenis ini cenderung mewakili ikal pudel yang khas dan bulunya lebat.

Selain cockapoo, ada juga labradoodle yang berasal dari perkawinan silang anjing pudel dan anjing Labrador. Cavapoo, persilangan pudel dengan anjing spaniel cavalier king charles. Shihpoo, persilangan pudel dengan anjing shih tzu. Goldendoodle, persilangan antara golden retriever dan pudel, dan sebagainya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News