Keluarga

7 Tren Desain Rumah Jadul yang Bakal Lebih Populer di Tahun Ini

7 Tren Desain Rumah Jadul yang Bakal Lebih Populer di Tahun Ini

MOMSMONEY.ID -  Ada beberapa tren lama desain rumah yang mungkin sudah Anda lupakan tapi bakal kembali jadi tren bahkan lebih populer dari sebelumnya. Faktanya, di tahun ini banyak tren yang berkembang terinspirasi dari tren masa lalu. 

Pemilihan desain interior, material, dan warna di rumah sangat identik dengan kepribadian, lingkungan, dan pengalaman pemiliknya. Sehingga, sangat penting memilih dekorasi rumah yang membuat Anda merasa senang di rumah tanpa perlu memikirkan dekorasi tersebut sedang tren atau tidak. 

Jika Anda senang dengan dekorasi atau desain rumah yang jadul, ini kabar baik bagi Anda. Ada beberapa tren desain rumah jadul yang bakal jadi lebih populer beberapa tahun ini. Yuk, intip apa saja.

Baca Juga: Begini Cara Menghilangkan Lumut di Paving Block

Inspirasi 7 tren desain rumah jadul yang bakal kembali populer

1. Menggunakan warna coklat dominan

Coklat adalah warna yang populer di tahun 1970-an, baik dalan fesyen maupun interior. Warna ini kemudian kembali populer di tahun 1990-an yang diadopsi pada kulit gelap, mahogani gelap, dan dinding mocha.

Sekali lagi, warna coklat yang identik dengan desain rumah jadul akan kembali populer menggantikan warna abu-abu. 

Warna ini bakal cocok Anda padukan dengan warna terang pada aksesori lain di rumah Anda. Menggunakan warna coklat juga memudahkan Anda melengkapi dekorasi rumah dengan warna apapun. 

2. Interior dengan sudut melengkung

Menggunakan sudut melengkung pada desain atau dekorasi rumah mungkin terasa jadul. Sebab, biasanya desain modern cenderung mengutamakan bentuk yang tegas dengan sudut runcing.

Melansir Homes and Gardens, penggunaan sudut melengkung untuk interior di rumah cukup populer di tahun 1990-an. Anda bisa menerapkannya kembali untuk desain rumah Anda saat ini. Pasalnya, banyak interior yang didesain secara berbeda dibanding dekade sebelumnya. 

Penggunaan interior dengan sudut melengkung membuat rumah terasa lebih ramah, nyaman dan menyenangkan. Berbeda dengan desain modern dengan sudut runcing yang terkesan dingin. 

Baca Juga: Bingung Cara Bikin Rumah Selalu Harum? Ini Lo Rahasianya

3. Menggunakan kabinet dapur berwarna

Dapur yang berwarna bakal kembali hadir, menggantikan desain dapur yang cenderung menggunakan warna monoton seperti krem dan putih. Dengan kembali populernya desain jadul ini, Anda bisa mengekspresikan diri Anda dalam pilihan warna yang semakin beragam

4. Rumah bergaya maksimalis

Berbeda dengan banyaknya rumah bergaya minimalis, tren jadul yang bakal jadi populer beberapa tahun ini adalah rumah bergaya maksimalis. Sangat cocok untuk Anda yang ingin menuangkan banyak ide di rumah Anda. 

Anda bisa mendekorasi rumah dengan banyak pola yang berbenturan, palet warna yang ramai dan banyaknya koleksi pribadi yang meramaikan ruangan. Dekorasi bergaya maksimalis ini tentang merangkul kelebihan. Namun, jangan sampai Anda menatanya dengan kacau. 

5. Atap yang bertekstur

Atap yang bertekstur kembali hadir menjadi ide desain yang populer. Menggunakan atap yang bertekstur menawarkan kreativitas yang tak terbatas bagi Anda si pemilik rumah. Salah satu caranya dengan menonjolkan tulang atap rumah, sama seperti desain rumah pada tahun 1916-an.

Baca Juga: Untuk Ragam Kebutuhan dan Gaya Hidup, Ini 5 Rekomendasi Sofa dari IKEA  

6. Bergesernya tren ruang terbuka

Beberapa tahun terakhir desain rumah modern menyukai perencanaan ruangan dengan ruang tamu atau desain dapur yang terbuka. Tapi, tren lama dengan ruangan yang terpisah juga bisa jadi pilihan yang baik di tahun ini. 

Tata ruang terpisah merupakan titik tengah untuk desain rumah terbuka dengan gaya rumah jadul dengan sekat yang kaku. Anda bisa menggunakan pemisah ruangan seperti kaca untuk membuat ruangan terasa tetap terbuka namun memiliki ruangan yang terpisah. 

7. Penggunaan terazo

Penggunaan terazo sudah lama ditinggalkan di tahun 1990-an tetapi tren ini akan kembali populer. Penggunaan terazo banyak disukai arsitek dan desainer interior karena memberikan kesan modern dan minimalis, memberikan kesan retro yang mewah di rumah Anda. 

Demikian 7 tren rumah jadul yang diprediksi bakal kembali populer dalam beberapa tahun ini. Semoga informasi ini bermanfaat bagi Anda. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News