Keluarga

Bingung Cara Bikin Rumah Selalu Harum? Ini Lo Rahasianya

Bingung Cara Bikin Rumah Selalu Harum? Ini Lo Rahasianya

MOMSMONEY.ID -  Cara bikin rumah selalu harum mungkin jadi hal yang mustahil. Lantaran banyak aktivitas yang dilakukan di rumah identik dengan berbagai macam bau. 

Mulai dari bau asap dan matahari yang Anda bawa sepulang aktivitas, bau keringat seusai berolahraga hingga bau masakan dan bau sisa makanan. Padahal saat rumah memiliki aroma yang menyegarkan, rumah terasa jadi lebih nyaman. Tamu yang datang pun akan merasa disambut dengan ceria. 

Baca Juga: Butuh Modal Usaha Saat Ramadan, KoinWorks Berikan Kemudahan Pinjaman Usaha

Tapi bagaimana jika rumah memiliki bau tak sedap? Pendiri Clean My Space Melissa Maker mengatakan rumah yang bersih seharusnya tidak memiliki aroma apapun alias netral. 

Jadi aroma di rumah juga bisa menggambarkan soal kebersihannya. Sehingga membuat aroma rumah jadi lebih harum menunjukan usaha Anda membuat rumah yang nyaman bagi siapapun yang tinggal dan berkunjung. 

Berikut 8 rahasia cara membuat rumah Anda jadi harum

1. Mengatasi kelembapan di rumah Anda

Melansir Real Simple, cara membuat rumah Anda jadi harum, pertama kali yang perlu dilakukan adalah mengatai kelembapan. Anda bisa menggunakan higrometer atau alat pengukur kelembapan.

Jika tingkat kelembapan lebih dari 60% mungkin Anda membutuhkan dehumidifier. Kemudian hindari menggunakan karpet yang memenuhi ruangan dinding-ke-dinding terutama di dapur dan kamar mandi.

Kemudian perhatikan benda-benda yang menyebabkan ruang jadi lebih lembap seperti spons dan handuk. Ganti spons setiap dua minggu sekali dan pastikan handuk benar-benar kering sebelum dilipat dan disimpan.

2. Lakukan pembersihan reguler pada alat-alat yang bisa menimbulkan bau

Beberapa barang seperti kotak kotoran hewan, tempat sampah, kasur hewan dan tempat tidur hewan peliharaan Anda bisa menjadi sumber bau tak sedap. 

Nah barang-barang ini termasuk barang yang jarang dibersihkan. Padahal semakin jarang dibersihkan, semakin sulit kita menyadari kalau benda tersebut merupakan sumber bau. 

Maka penting bagi Anda untuk lebih proaktif, bersihkan barang-barang ini secara rutin. Cuci tempat sampah setidaknya satu bulan sekali. Kemudian cuci tempat tidur kasur secara teratur dan ambil kotoran hewan Anda setiap hari. 

3. Buka kulkas Anda

Salah satu penyebab bau di rumah adalah kulkas. Jadi untuk membuat rumah jadi lebih harum, bersihkan terlebih dahulu kulkas Anda. 

Terkadang kita menyimpan banyak bumbu dan makanan sisa di kulkas. Kemudian kita mendorongnya masuk saat ada makanan baru dan berakhir melupakannya. 

Lakukan pengecekan secara rutin pada kulkas Anda. Buang makanan sisa yang tak layak makan atau tak ingin Anda makan lagi. Lihat tanggal kadaluarsa, jika sudah melewati sebaiknya Anda buang. 

Sesekali bersihkan juga kulkas Anda. Ambil rak yang bisa dilepas dan rendam dengan air hangat. Kemudian bersihkan bagian dalam kulkas dengan campuran air panas, cuka putih dan abun cuci piring. Gunakan lap bersih dan peras kemudian lap seluruh bagian dalam kulkas. 

4. Bersihkan permukaan yang lembut dan halus

Karpet, bantal, selimut, sprei dan gorden adalah benda-benda yang memerangkap bau. Bersihkan dengan uap secara profesional setidaknya satu tahun sekali untuk sofa dan karpet Anda di rumah. 
Sementara peralatan lain seperti sarung bantal, sprei, selimut dan gorden sebaiknya sering Anda cuci. Dengan cara ini, rumah Anda akan terhindar dari bau tak sedap. 

5. Sering buka jendela di rumah Anda
Salah satu cara membuat rumah Anda lebih segar dan harum adalah sering membuka jendela. Dengan cara ini bau dari makanan atau cat bisa dengan mudah menghilang karena adanya sirkulasi udara yang baik. 

6. Gunakan penetral aroma

Jika Anda senang dengan aroma yang netral ketimbang harum, gunakan penetral aroma. Tentunya cara ini bisa Anda lakukan jika rumah Anda telah dibersihkan secara rutin. 

Gunakan penetral aroma seperti filter arang pada beberapa lokasi yang rawan bau atau simpan di tas olahraga. Anda bisa juga meletakannya ditempat penyimpanan dan pembuangan popok, tempat sampah dan tempat kotoran hewan. 

Rahasia berikutnya, jika Anda tak sempat membersihkan rumah padahal tamu akan datang adalah meneteskan pemutih di wastafel dan siram dengan air panas. Ini akan membuat aroma pemutih menyebar dan membuat orang mengira rumah Anda bersih. 

7. Gunakan pengharum ruangan
Untuk membuat aroma rumah anda lebih harum, caranya gunakan pengharum ruangan. Coba beberapa cara di bawah ini. 

Pertama, campurkan setengah cangkir cuka, setengah cangkir alkohol gosok, satu sendok teh maizena dan 20 tetes essential oil kesukaan Anda. Letakan campuran ini di botol semprot. Kemudian kocok botol Anda dan semprotkan pada pakaian atau kain lainnya. 

Kedua, campurkan soda kue dan lima tetes essential oil. Letakan pada kantong kecil dan ikat. Kemudian letakan di sudut atau kotak yang memerlukan pengharum. 

8. Hindari menggunakan pengharum yang menyengat
Terkadang membuat rumah menjadi harum disalah artikan dengan harum yang menyengat. Bau yang terlalu kuat justru membuat beberapa orang atau bahkan Anda sendiri merasa terganggu. Jadi sebaiknya pilih aroma lembut yang bisa menenangkan perasaan Anda atau tamu saat berkunjung.

Baca Juga: Apakah Anda Perlu Memisahkan Jenis Baju Saat Mencuci? Ini Jawabannya

Itu tadi cara membuat rumah Anda jadi lebih harum. Melissa Maker menyarankan Anda untuk menghindari aroma manis untuk membuat rumah jadi harum. Lebih baik gunakan aroma alami seperti kayu, bunga dan sitrus. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News