Keluarga

Ini 5 Kesalahan saat Dekor Rumah dengan Cat Berwarna Abu-Abu

Ini 5 Kesalahan saat Dekor Rumah dengan Cat Berwarna Abu-Abu

MOMSMONEY.ID - Simak 5 kesalahan saat melakukan dekorasi ulang rumah dengan cat warna abu-abu.

Lebih dari beberapa dekade, abu-abu adalah warna yang cukup populer dijadikan warna cat dinding rumah. Terasa modern, warna netral yang satu ini mudah diadaptasikan dengan banyak warna. 

Namun, meski mudah dipadukan dengan berbagai warna, banyak orang yang melakukan kesalahaan saat mendekorasi ulang rumah mereka yang memiliki cat dinding abu-abu.

Baca Juga: 8 Warna yang Cocok Dipadukan dengan Warna Cokelat di Rumah Anda

Kesalahan yang sering dilakukan saat mendekorasi ulang rumah dengan cat warna abu-abu

Melansir Homes and Gardens, abu-abu diprediksi akan terus menjadi warna cat dinding yang populer. Terutama, karena sifat warna ini yang serbaguna, bisa digunakan dalam banyak gaya dekorasi rumah.

Supaya tak melakukan kesalahan saat melakukan dekorasi dengan warna abu-abu, yuk, simak penjelasannya di bawah ini:

1. Menggunakan terlalu banyak warna abu-abu

Menggunakan terlalu banyak  warna abu-abu untuk cat dinding, warna furnitur, aksesoris, dan lainnya akan menciptakan kesan hambar dan tidak menarik. Sebab, warna ini tidak memberikan kesan kontras dan kedalaman pada ruangan Anda. 

Sebaiknya, gunakan warna abu-abu dengan rona yang berbeda. Sehingga, menciptakan kesan yang stylish dan berlapis pada desain ruangan Anda.

Coba gunakan warna abu-abu terang untuk cat dinding, kemudian gunakan abu-abu dengan rona gelap dan abu-abu dengan rona biru untuk furnitur. 

Baca Juga: Yuk Cari Tahu Warna Cat yang Bikin Rumah Terasa Mewah dan Mahal

2. Kurangnya aksen warna pelengkap

Meskipun banyak dari kita yang menyukai warna abu-abu, warna ini juga dipercaya banyak orang membuat ruangan terasa kusam dan tidak menarik. 

Tapi, jika dipadukan dengan warna aksen yang tepat, abu-abu menjadi tidak hambar dan membosankan. Anda bisa menggunakan warna apapun aksen pelengkap. Mulai dari pink hingga biru terang. 

3. Tidak mempertimbangkan keberadaan cahaya alami di ruangan

Saat memilih skema warna ruangan, Kepala Desainer Kitesgrove Clara Ewart mengatakan, Anda perlu mempertimbangkan pencahayaan ruangan.

Seberapa banyak cahaya alami yang diterima suatu ruangan dan tingkat kehangatan cahaya, memiliki dampak besar dalam pemilihan warna. 

Sebagai contoh, jika ruangan Anda menghadap utara dan ingin meningkatkan kesejukan gunakan warna abu-abu pucat. Ini akan membuat ruangan gelap menjadi lebih terang, cerah dan hangat. 

Baca Juga: Warna Cat Dinding Rumah Ini Cocok Dipadukan dengan Lantai Abu-Abu

4. Menciptakan ruangan yang terasa dingin dan tidak menarik

Warna abu-abu sangat mudah memberikan kesan dingin dan tidak menarik pada ruangan. Sehingga, ada baiknya Anda menambahkan warna yang lebih hangat seperti warna pasir atau kelabu tua di ruangan dengan cat abu-abu Anda. Ini akan membuat ruangan terasa lebih hangat.

Untuk membuat ruangan abu-abu yang dingin terlihat lebih hangat dan mencegahnya terlalu dingin dan tidak menarik pastikan untuk menyeimbangkan warna abu-abu dengan warna netral yang hangat seperti krem dan coklat.

Anda juga bisa menggunakan warna cerah seperti pink, kuning, atau oranye yang bisa diaplikasikan pada pencahayaan, furnitur dan lainnya. 

5. Mengabaikan tekstur

Sebuah ruangan yang tidak memiiki tekstur dan kedalaman akan terasa hambar dan seperti tidak memiliki kehidupan. Apalagi Anda memiliki ruangan dengan skema warna abu-abu.

Sehingga, penting untuk menghadirkan elemen bertekstur. Sama seperti pentingnya warna aksen pelengkap. 

Apabila Anda memiliki cat dinding berwarna abu-abu terang, coba tambahkan karpet berwarna abu-abu gelap. Untuk cat dinding berwarna abu-abu gelap, coba gunakan karpet serat alami dengan bintik cerah dan gelap. 

Demikian 5 kesalahan saat mendekorasi ulang ruangan berwarna abu-abu. Semoga informasi ini bermanfaat bagi Anda. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News