HOME, Keluarga

Ini 5 Kandungan Skincare yang Harus Dihindari Pemilik Kulit Kering

Ini 5 Kandungan Skincare yang Harus Dihindari Pemilik Kulit Kering

MOMSMONEY.ID - Melakukan perawatan kulit wajah tentu tidak boleh dilakukan secara asal. Selain demi hasil yang maksimal, perawatan yang tepat juga akan membuat kulit tetap aman dan terhindar dari berbagai permasalahan yang bisa memperburuk kondisi kulit.

Beda tipe kulit, tentu beda juga tips perawatannya. Untuk para pemilik kulit kering, tidak hanya tata cara perawatan yang harus diutamakan melainkan juga produk-produk yang digunakan.

Di antara banyaknya skincare yang beredar, ternyata ada beberapa kandungan dalam produk skincare yang harus dihindari oleh orang-orang berkulit kering lho. Apa saja ya kira-kira?

Baca Juga: 5 Langkah Efektif Menggunakan Pelembab Supaya Wajah Lembab Maksimal

Dilansir dari Uzza Skincare, inilah 5 kandungan skincare yang tidak cocok dan tidak aman untuk kulit kering:

1. Sulfat

Surfaktan adalah agen pembersih yang bertanggung jawab untuk menghasilkan produk yang berbusa. Dan, sulfat adalah jenis surfaktan yang berguna untuk membantu menghilangkan kotoran dan minyak berlebih.

Sulfat bukanlah bahan terbaik untuk perawatan kulit kering karena sifatnya yang keras serta dapat merusak lapisan atas kulit. Padahal, lapisan tersebut bertanggung jawab untuk menjaga kulit tetap terhidrasi.

Sulfat biasanya terdapat pada produk cleanser dan jenis sulfat yang paling umum digunakan adalah sodium lauryl sulfate. Jika kulit Anda bertipe kering, pastikan untuk menggunakan cleanser bebas sulfat agar kulit tidak semakin kekeringan.

2. Salicylic acid

Salicylic acid atau asam salisilat adalah pengobatan umum untuk mengatasi jerawat. Salicylic acid memiliki kemampuan untuk menghilangkan kelebihan minyak dan kotoran dari kulit sehingga cocok untuk digunakan oleh pemilik kulit berminyak.

Sebaliknya, apabila digunakan pada kulit kering, salicylic acid berisiko menyebabkan kemerahan, iritasi, dan peradangan akibat kekurangan minyak. Oleh sebab itu, pemilik kulit kering sangat tidak disarankan untuk menggunakan skincare yang mengandung bahan ini mengingat sifatnya yang terlalu keras.

3. Alkohol

Alkohol sering dijumpai dalam produk toner dan cleanser. Apabila pemilik kulit kering menggunakan produk skincare beralkohol, maka hidrasi dan kelembaban yang ada pada kulit akan menghilang. Jika hal tersebut terjadi, otomatis kulit pun akan bertambah kering.

Disarankan bagi Anda para pemilik kulit kering untuk mencari produk berlabel alcohol-free. Jika label bebas alkohol tidak tercantum, pastikan Anda membaca komposisi produk hingga akhir sebelum memutuskan untuk membelinya.

4. Fragrance

Penggunaan fragrance atau pewangi dalam produk perawatan kulit telah menjadi perdebatan di antara ahli dermatologi. Kendati masih diperdebatkan, namun bahan yang satu ini sangat disarankan untuk tidak digunakan jika kulit Anda bertipe kering atau sensitif.

Pewangi merupakan penyebab umum terjadinya iritasi dan alergi kulit. Meskipun tidak menjadi masalah bagi semua orang, namun pemilik kulit kering akan lebih rentan mengalami iritasi akibat penggunaan skincare berpewangi. Jadi, alangkah baiknya Anda menyingkirkan produk-produk yang mengandung fragrance semisal kulit Anda kering.

5. Glycolic acid

Kandungan skincare terakhir yang patut dihindari oleh para pemilik kulit kering adalah glycolic acid atau asam glikolat. Glycolic acid populer untuk memerangi komedo dan membersihkan pori-pori tersumbat. Penggunaannya yang condong untuk mengontrol minyak menjadikan bahan ini tidak dianjurkan untuk digunakan oleh orang-orang berkulit kering.

Glycolic acid dapat menyebabkan iritasi jika digunakan pada kulit kering karena bahan ini memiliki sifat pengelupasan yang bekerja untuk menghilangkan sel-sel kulit mati.

Itulah 5 kandungan dalam produk skincare yang perlu Anda singkirkan apabila kulit Anda bertipe kering. Selalu ingat untuk melakukan riset tentang kandungan pada suatu produk skincare terlebih dahulu sebelum Anda membeli atau menggunakannya agar perawatan yang Anda lakukan tidak sia-sia dan berujung merusak kulit.

Selanjutnya: Inilah 6 Cara Menggunakan Serum Wajah yang Benar, Sudah Tahu?

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News