HOME, Keluarga

5 Langkah Efektif Menggunakan Pelembab Supaya Wajah Lembab Maksimal

5 Langkah Efektif Menggunakan Pelembab Supaya Wajah Lembab Maksimal

MOMSMONEY.ID - Pelembab menjadi salah satu produk skincare yang wajib digunakan sekali pun pada kulit berminyak.

Pelembab menyimpan berbagai manfaat menakjubkan bagi kulit antara lain memperlambat tanda-tanda penuaan, membantu mengatasi jerawat, melindungi kulit dari sinar matahari, dan tentu saja melembabkan kulit supaya tidak kekeringan.

Namun, apakah Moms sudah tahu cara menggunakan produk pelembab yang tepat? Agar tidak keliru, yuk simak 5 langkah efektif menggunakan pelembab supaya wajah lembab maksimal sebagaimana di lansir dari BeBeautiful berikut ini!

Baca Juga: Inilah 3 Perbedaan Moisturizer dan Pelembab, Sudah Tahu?

1. Skin preparation

Skin preparation tidak hanya penting dilakukan sebelum menggunakan makeup melainkan juga pelembab. Sebelum mengaplikasikan pelembab, pastikan Moms membersihkan wajah dengan facial cleanser terlebih dahulu. Setelah wajah bersih, Moms bisa melanjutkan menggunakan serum.

Melakukan skin preparation dengan urutan demikian akan menjadikan kulit Moms benar-benar siap untuk menyerap semua kebaikan dari produk pelembab ketika digunakan nantinya.

2. Aplikasikan pelembab yang ringan terlebih dahulu

Setelah kulit siap, Moms tentu bisa langsung mengoleskan pelembab ke kulit wajah. Nah, jika Moms selalu menggunakan lebih dari satu pelembab dalam sekali prosesi skincare, maka sangat disarankan bagi Moms untuk memilih pelembab yang paling ringan (lightweight) sebagai lapisan pertama.

Hal ini dikarenakan formula yang terkandung di dalam pelembab lightweight akan lebih cepat terserap oleh kulit sehingga harus diutamakan supaya dapat bekerja lebih efektif. Adapun produk pelembab yang ringan biasanya berbasis gel atau emolien.

3. Lanjutkan dengan pelembab yang lebih tebal

Seberes mengaplikasikan pelembab lightweight, Moms bisa melanjutkan menggunakan pelembab lain yang lebih tebal untuk mengunci manfaat dari pelembab sebelumnya. Sesuai sebutannya, pelembab tebal (heavy) memiliki tekstur yang sedikit lebih kental dibandingkan pelembab lightweight sehingga membutuhkan waktu lebih lama untuk terserap ke dalam kulit.

Pelembab dengan jenis ini umumnya berbentuk cream. Sebagai rekomendasi, Moms bisa memilih krim pelembab yang mengandung hyaluronic acid, vitamin E, dan aloe vera untuk membantu menjaga kelembaban kulit sekaligus mencegah munculnya garis-garis halus.

4. Gabungkan pelembab secara tepat

Dalam hal layering pelembab sebagaimana yang sudah disebutkan di atas, pastikan masing-masing pelembab yang Moms gunakan tidak bereaksi satu sama lain. Selalu ingat untuk tidak menggabungkan pelembab retinol dengan pelembab vitamin C karena dapat membuat kulit iritasi. Selain itu, jangan pula menggabungkan pelembab retinol dengan pelembab salicylic acid karena akan meningkatkan sensitivitas pada kulit sekaligus membuatnya kering.

Pastikan Moms selalu memeriksa apakah bahan-bahan pelembab yang Moms miliki aman atau tidak jika digunakan secara bersamaan. Apabila tidak aman jika digabungkan sementara Moms benar-benar membutuhkannya, maka Moms bisa menggunakan masing-masing pelembab yang dimiliki secara terpisah pada pagi dan malam hari.

5. Jangan lupakan sunscreen

Apapun cuacanya, jangan pernah melewatkan penggunaan sunscreen sebagai tahap terakhir rutinitas skincare terutama jika pelembab yang Moms gunakan tidak mengandung SPF.

Dibandingkan pelembab, sunscreen memiliki konsistensi yang jauh lebih tebal sehingga dianjurkan untuk digunakan belakangan. Untuk melindungi kulit wajah secara total dari paparan sinar matahari, Moms bisa memilih sunscreen dengan SPF 50 PA+++. Sebaiknya, Moms juga memilih sunscreen yang tidak berminyak, cepat menyerap, dan tidak meninggalkan whitecast supaya tidak mengganggu penampilan wajah.

Moms, itulah 5 langkah efektif menggunakan pelembab yang penting untuk Moms biasakan supaya kinerja pelembab maksimal dan kulit bisa mendapatkan manfaat dari pelembab secara optimal. Yuk, terapkan mulai dari sekarang!

Selanjutnya: 5 Kesalahan Umum Penggunaan Serum Wajah, Bikin Hasil Kurang Maksimal

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News