Santai

Ini 4 Alasan Mengapa Wanita Sebaiknya Mulai Gunakan Menstrual Cup!

Ini 4 Alasan Mengapa Wanita Sebaiknya Mulai Gunakan Menstrual Cup!

MOMSMONEY.ID - Teknologi baru yang membantu wanita selama masa menstruasi terus dikembangkan. Salah satunya adalah menstrual cup yang kini memang masih banyak mengundang rasa penasaran.

Menstrual cup sendiri sebenarnya sudah ada sejak tahun 1860 an. Namun, baru mulai dipasarkan di tahun 1930. Pro dan kontra mengenai alat yang satu ini juga menjadi pertimbangan untuk menggunakannya.

Namun, sebelum mulai menggunakan alat ini, ada baiknya untuk mengetahui beberapa keuntungan atau manfaat menggunakan menstrual cup.

Baca Juga: Remaja Dewasa Wajib Tahu 4 Cara Agar Terhindar dari HIV Berikut Ini!

Eco-friendly

Kini menstrual cup mulai digunakan oleh banyak remaja dan wanita sebagai salah satu usaha penghijauan. Lantaran semakin banyaknya limbah sampah yang dihasilkan dari penggunaan pembalut.

Menstrual cup terbuat dari bahan karet atau latex yang memiliki keawetan lebih lama dibanding dengan menggunakan produk sekali buang seperti pembalut ataupun tampon.

Lebih aman

Penggunaan menstrual cup ini bisa mencegah timbulnya iritasi di area kewanitaan. Biasanya iritasi kulit terjadi karena gesekan pembalut dengan kulit di area kewanitaan.

Laman Health Line menjelaskan bahwa iritasi tersebut dapat dihindari sebab menstrual cup memiliki sifat menampung darah dibanding menyerapnya. Biasanya iritasi dan bakteri lebih mudah terjadi pada penggunaan alat yang menyerap darah seperti tampon dan pembalut.

Baca Juga: 4 Manfaat Lakukan Hubungan Seks Rutin dengan Pasangan! Pasutri Wajib Tahu!

Tahan lama

Menstrual cup juga cenderung memiliki keawetan yang lama. Menstrual cup bisa bertahan dan digunakan dalam jangka waktu bertahun-tahun.

Sehingga hanya perlu mengeluarkan uang untuk membelinya sekali saja dan harganya pun termasuk terjangkau. Ia juga mampu bertahan selama kurang lebih 12 jam dan menampung lebih banyak darah dibanding pembalut. Jadi tak perlu menghabiskan waktu lagi untuk mengganti pembalut saat menstruasi. Selain itu, ia juga membantu terhindar dari resiko tembus pada pakaian.

Lebih nyaman

Penggunaan menstrual cup ini juga tidak mengganggu gerak tubuh. Sehingga nyaman dan enak untuk digunakan walaupun harus meletakkannya di dalam vagina.

Selain itu, aktivitas seks menurut laman Web MD, juga masih bisa dilakukan ketika menggunakan menstrual cup. Dengan bahan yang lembut dan kuat, menstrual cup tidak akan mengganggu aktivitas seks dengan resiko bocor karena telah disesuaikan untuk kenyamanan wanita.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News