Santai

Remaja Dewasa Wajib Tahu 4 Cara Agar Terhindar dari HIV Berikut Ini!

Remaja Dewasa Wajib Tahu 4 Cara Agar Terhindar dari HIV Berikut Ini!

MOMSMONEY.ID - Kabar mengenai tingginya kasus HIV di Bandung tentunya masih membuat masyarakat menjadi was-was hingga saat ini.

HIV sendiri merupakan merupakan virus yang mudah ditularkan dari orang ke orang melalui pertukaran cairan tubuh.

Penting untuk mengetahui cara yang tepat untuk bisa mencegah terhindar dari HIV. Berikut ini adalah beberapa cara yang bisa digunakan untuk mencegah HIV.

Baca Juga: Ingin Terhindar dari Burnout? Ini Ada 4 Cara Mudahnya, Coba Yuk!

Gunakan kondom

Menggunakan kondom adalah cara termudah agar terhundar dari HIV. Kondom bisa mencegah pertukaran cairan pada tubuh yang menjadi cara penularan HIV.

Namun tak bisa sembarangan juga untuk menggunakan kondom. Pastikan kondom yang digunakan dalam kondisi baik dan belum kadaluarsa. Gunakan pelumas juga agar terhindar dari resiko kondom rusak atau sobek saat digunakan.

Lakukan tes rutin

Seseorang dengan aktivitas seksual tinggi juga sebaiknya mulai memperhatikan kesehatan dengan melakukan tes HIV atau penyakit menular lainnya.

Melansir dari laman Health Line, pastikan untuk melakukan tes HIV secara rutin dengan pasangan. Ada baiknya untuk melakukan tes ini sebelum melakukan hubungan seksual. Sehingga satu sama lain menjadi tahu bagaimana kondisi kesehatan seksual sebelum berhubungan badan. Sebagai tambahan, vaksin HPV atau Hepatitis B juga bisa dipilih.

Baca Juga: Ternyata Ini Penyebab Vagina Kering! Cari Tahu Yuk!

Jauhi obat-obatan terlarang

Mengkonsumsi obat-obatan terlarang seperti narkoba dapat memicu munculnya tindakan berbahaya seperti menggunakan suntik untuk memasukan obat tersebut ke dalam tubuh.

Suntikan yang digunakan untuk menyuntikan narkoba tersebut juga bisa menularkan HIV jika digunakan secara bersamaan. Apalagi jika suntikan tersebut bekas digunakan oleh orang yang terkena HIV.

Konsumsi obat pencegahan HIV

Laman Very Well Health menjelaskan bahwa untuk mencegah tertular HIV, konsumsi obat pencegahan HIV juga bisa digunakan sebagai treatmentnya. Salah satunya adala PrEP.

PrEP adalah obat yang digunakan sebagai treatment pada pengobatan HIV yang bisa mengurangi resiko tertular HIV sebanyak 99%. CDC juga menjelaskan melalui laman Very Well Health bahwa orang dewasa yang telah aktif secara seksual juga perlu untuk diberikan edukasi mengenai PrEP dan manfaatnya untuk mencegah tertular HIV.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News