HOME, Bugar

Ingin Diet? Ini 5 Sumber Karbohidrat yang Bisa Bantu Turunkan Berat Badan

Ingin Diet? Ini 5 Sumber Karbohidrat yang Bisa Bantu Turunkan Berat Badan

MOMSMONEY.ID - Sebagai zat yang cukup penting bagi tubuh, karbohidrat berfungsi untuk memproduksi glukosa atau bahan bakar dalam tubuh. 

Namun, banyak orang yang menghindari konsumsi karbohidrat karena takut gemuk. Padahal, karbohidrat adalah sumber energi yang tak boleh dilewatkan. 

Jika Anda mengonsumsi karbohidrat kurang dari jumlah yang disarankan, maka tubuh dapat mengalami kelelahan, sakit kepala dan mudah sakit, dilansir dari Medical News Today.

Baca Juga: Inilah Makanan yang Aman Dikonsumsi Penderita Asam Lambung

Kunci penurunan berat badan adalah perencanaan yang baik dan disiplin diri yang kuat. Berikut ini 5 sumber karbohidrat yang bisa bantu turunkan berat badan, antara lain:

1. Kacang Hitam 

Sumber karbohidrat yang bisa bantu turunkan berat badan pertama adalah kacang hitam. Jenis makanan sumber karbohidrat selanjutnya yang bisa dikonsumsi saat diet adalah kacang hitam.

Makanan ini juga kaya akan kandungan protein dan serat. 

2. Ubi jalar 

Sumber karbohidrat yang bisa bantu turunkan berat badan kedua adalah ubi jalar. Dalam satu buah ubi jalar berukuran sedang, terkandung 27 gram karbohidrat. Jenis makanan ini bisa dikonsumsi saat sedang diet. 

Ubi jalar bisa membantu mengatur gula darah dan mendorong metabolisme tubuh menjadi lebih cepat. Kandungan kalori dan natrium dalam makanan ini juga disebut lebih rendah.  

3. Barley 

Sumber karbohidrat yang bisa bantu turunkan berat badan ketiga adalah barley. Barley adalah jenis biji-bijian yang kaya karbohidrat.

Jenis makanan ini bisa menjadi pengganti nasi, sebab barley disebut memiliki kemampuan untuk meningkatkan kadar hormon yang berkaitan dengan rasa kenyang. 

Jika rasa kenyang bisa dipertahankan dalam jangka waktu yang lama, tentu keinginan makan berlebih bisa dihindari dan penurunan berat badan bisa didapatkan dengan maksimal.  

Baca Juga: Inilah 5 Makanan yang Aman untuk Pederita Maag

4. Gandum utuh 

Sumber karbohidrat yang bisa bantu turunkan berat badan keempat adalah gandum utuh. Sereal gandum utuh (whole grain) juga bisa menjadi pilihan sumber karbohidrat saat sedang diet.

Gandum utuh yang alami diketahui memiliki kandungan lemak yang rendah, tetapi mengandung serat yang tinggi.  

Mengonsumsi makanan ini disebut bisa membantu menjaga kadar gula darah tetap normal serta memberi energi yang cukup untuk membangun otot tubuh. 

Untuk mencapai target berat badan ideal, dibutuhkan cara menurunkan berat badan yang benar dan disiplin dalam menjalaninya. 

Bila berat badan tidak juga turun meski sudah melakukan cara-cara di atas, konsultasikanlah ke dokter untuk mendapatkan program penurunan berat badan yang sesuai dengan kondisi Anda.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News