HOME, Bugar

Inilah 5 Makanan yang Aman untuk Pederita Maag

Inilah 5 Makanan yang Aman untuk Pederita Maag

MOMSMONEY.ID - Sakit maag umumnya ditandai dengan nyeri di ulu hati, sakit perut, perut kembung, atau mual akibat peradangan pada dinding lambung (gastritis).

Kondisi ini dapat disebabkan oleh berbagai hal, mulai dari infeksi bakteri, stres berat, hingga efek samping obat-obatan.

Tak hanya itu, sakit maag juga dapat disebabkan oleh pola hidup tidak sehat, seperti kebiasaan merokok, konsumsi minuman beralkohol secara berlebihan, dan terlalu sering mengonsumsi makanan pedas, dikutip dari Healthline.

Pemilihan makanan untuk penderita sakit maag bertujuan untuk meringankan beban kerja lambung dan membantu mengurangi kelebihan asam lambung.

Baca Juga: Inilah Makanan yang Aman Dikonsumsi Penderita Asam Lambung

Dilansir dari Mayo Clinic, ada berbagai makanan yang aman dikonsumsi untuk penderita maag, antara lain:

1. Pepaya

Makanan yang aman dikonsumsi untuk penderita maag pertama adalah pepaya. Populer sebagai makanan pelancar buang air besar, tidak banyak yang tahu bahwa pepaya ternyata baik untuk penderita sakit maag.

Manfaat ini berasal dari enzim papain yang banyak ditemukan pada getah pepaya. Tubuh menggunakan enzim pepsin yang dihasilkan lambung untuk mencerna protein.

Namun, enzim ini hanya aktif pada kondisi lambung yang asam. Bagi penderita GERD, kadar asam yang tinggi dapat merusak lapisan lambung dan kerongkongan.

2. Daging

Makanan yang aman dikonsumsi untuk penderita maag kedua adalah daging. Pilihan daging terbaik untuk penderita sakit maag adalah daging tanpa lemak atau kulit.

Untuk meredakan gejala sakit maag, Anda disarankan untuk mengonsumsi daging tersebut dengan cara memanggang, mengukus, atau merebus daging.

Hindari menggoreng daging karena minyak berlebih yang terserap ke dalam daging bisa membuat gejala maag kambuh kembali.

3. Oatmeal

Makanan yang aman dikonsumsi untuk penderita maag ketiga adalah outmeal. Mengonsumsi semangkuk oatmeal atau 1–2 potong roti gandum untuk sarapan juga baik bagi penderita sakit maag.

Hal ini dikarenakan oatmeal dan gandum mampu menyerap asam lambung dan mengurangi gejala naiknya asam lambung. Selain itu, oatmeal dan gandum juga banyak mengandung serat yang baik bagi pencernaan.

Baca Juga: Buah yang Harus Dihindari Penderita Asam Lambung

4. Seafood dan daging rendah lemak

Makanan yang aman dikonsumsi untuk penderita maag keempat adalah seafood dan daging rendah lemak. 

Daging memang bisa memicu gejala maag apabila mengandung banyak minyak (baik dari cara pengolahannya maupun bagian lemak daging).

Akan tetapi, Anda tidak perlu khawatir karena makanan ini tetap bisa dikonsumsi oleh penderita maag. Anda bisa mengonsumsi semua daging merah, daging ayam, dan seafood asalkan rendah lemak.

Kandungan lemak yang rendah dalam makanan ini dapat membantu memulihkan berbagai keluhan yang muncul karena naiknya asam lambung.

5. Jahe

Makanan yang aman dikonsumsi untuk penderita maag kelima adalah jahe. Salah satu tumbuhan herbal yang mudah ditemukan di rumah dan dapat menjadi obat alami untuk mengatasi gejala sakit maag adalah jahe.

Berbagai studi menunjukkan bahwa jahe bermanfaat untuk meringankan gejala mual dan muntah, serta meredakan iritasi lambung akibat sakit maag.

Selain mengonsumsi makanan untuk penyakit maag, gejala sakit maag juga sering kali perlu diatasi dengan obat-obatan, seperti antasida atau obat penurun asam lambung.

Oleh karena itu, Anda disarankan untuk berkonsultasi dengan dokter, jika maag Anda tak kunjung sembuh atau tidak membaik meski sudah mencoba beberapa makanan untuk penyakit maag.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News